Pendidikan

Pentas Seni Jadi Media Pendidikan Keluarga di SDN Dabasah I

Rabu, 06 Juni 2018 - 20:26 | 181.97k
Siswa-siwi SDN Dabasah I Bondowoso menunjukan kebolehan menari dalam Pentas Seni Kelas (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Siswa-siwi SDN Dabasah I Bondowoso menunjukan kebolehan menari dalam Pentas Seni Kelas (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dalam rangka membangun komunikasi yang baik antara sekolah dan wali murid, SDN Dabasah I Bondowoso, menggelar pentas seni kelas yang melibatkan wali murid. Menurut Kasek SDN Dabasah I Matyono, M.Pd, kegiatan ini merupakan implementasi program pendidikan keluarga yang berdampak positif pada sekolah.

“Dengan prinsip gotong royong, semua wali murid mengatur acara. Mulai dari ide, sampai suksesnya acara ini. Sedangkan sekolah hanya memfasilitasi tempat sebagai wadah ekspresi anak-anak,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, pentas seni ini merupakan kegiatan rutin setiap akhir semester pada program untuk mengeksplorasi minat dan bakat siswa.

SDN-Dabasah-I.jpg

Masih menurutnya, bahwa dengan adanya kegiatan ini, sekolah bisa mengetahui bakat masing-masing siswa. "Jadi kita punya peta, kelas ini yang bisa nyanyi dan main musik siapa, dan yang jauh lebih pentig dari itu adalah semakin eratnya pola hubungan yang baik antara keluarga dan sekolah" imbuhnya.

Sementara, Dewan Pendidikan Bondowoso, yang dalam kesempatan ini dihadiri oleh Daris Wibisono Setiawan, mengapresiasi  pelaksanaan pentas seni tersebut.

Masih menurutnya, pentas seni ini merupakan wadah bagi siswa-siswi untuk menyalurkan bakat, kemampuan dan meningkatkan kompetisi, serta kemampuan anak dalam bidang seni.

“Selain itu yang menjadi nafas penting kegiatan ini, adalah media cerdas dan efektif untuk meningkatkan solidaritas, partisipasi dan kerja sama antar guru, orang tua siswa dalam kreativitas anak,” ujar Daris.

Para siswa-siswi secara berkelompok, menari dengan sangat bagus dan kompak. Sontak penampilan tari yang disuguhkan dengan bagus ini membuat para penonton sangat menikmati pagelaran seni tersebut.

Sementara pentas seni ini, diikuti semua siswa-siswi, mulai kelas satu sampai kelas lima, dan dilaksanakan selama lima hari, yaitu mulai Senin sampai Jumat  (8/6/2018).

Gelar pentas seni kelas ini, diharapkan betul-betul bisa membangun kedekatan kekompakan antara pihak sekolah dan wali murid di SDN Dabasah I Bondowoso. Selain itu juga jadi model pendidikan keluarga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES