Peristiwa Daerah

Sambutan Hangat Buruh Pengolah Tembakau Bikin Cagub Gus Ipul Senang

Rabu, 06 Juni 2018 - 18:56 | 52.85k
Ribuan Karyawati PT Wismilak Sambut Kedatangan Gus Ipul. Rabu (6/6/2018). (FOTO: Ali/TIMES Indonesia)
Ribuan Karyawati PT Wismilak Sambut Kedatangan Gus Ipul. Rabu (6/6/2018). (FOTO: Ali/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BOJONEGOROCagub Gus Ipul (Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf) berkunjung ke Bojonegoro. Kali ini, Cagub yang akrab disapa Gus Ipul itu dalam safari politiknya ke wilayah Kabupaten Bojonegoro menemui ribuan buruh pengolah tembakau.

Setidaknya, kunjungan kali ini ada dua pabrik pengolah tembakau sigaret kretek tangan (SKT) yang didatangi Gus Ipul. Seperti halnya, PT Wismilak Inti Makmur Tbk yang berada di Kecamatan Baureno, Bojonegoro. Tiba dilokasi, Gus Ipul mendapat sambutan mesra dari ribuan buruh yang didominasi perempuan itu.

Tak sekedar disapa, para karyawati itu juga saling berebut swafoto dengan Gus Ipul. Dalam kesempatan itu, Gus Ipul juga mengapresiasi kinerja perusahaan tersebut. "Industri berbasis tembakau menempati urutan kedua di Jawa Timur dan menjadi prioritas Kami," kata Gus Ipul Rabu (6/6/2018).

Selain kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi cukup tinggi, perusahaan padat karya seperti ini juga mampu menyerap tenaga kerja yang tinggi pula.

"Kami mendorong agar seluruh pekerja bisa terdaftar BPJS. Para pekerja perempuan juga jangan sekedar menggantungkan kehidupan ekonomi dari perusahaan, harus memiliki usaha sampingan. Minimal harus terdaftar di koperasi," terang Cagub nomor urut dua itu.

Untuk membangkitkan jiwa wirausaha para pekerja, Gus Ipul juga memiliki program Superstar atau Sentra Industri Kreatif, UMKM dan Pemberdayaan Start-Up. 

Program yang masuk dalam sembilan agenda prioritas ini mendorong pelaku UMKM memenuhi empat syarat yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas UMKM. Yakni riset, pasar, permodalan, teknologi dan kualitas SDM. Gus Ipul dan Mbak Puti menegaskan bahwa pelaku UMKM itu harus makmur dan sejahtera. Sebab UMKM telah sukses menyumbang PDRB Jatim.

Sementara itu, Henry Najoan, GA Manager perusahaan ini mengaku akan mendukung berbagai terobosan yang disiapkan Gus Ipul. "Kami mendukung Calon Gubernur yang selama ini mengerti tentang pentingnya keberadaan industri pengolahan tembakau khususnya industri kretek di Jawa Timur," katanya. 

"Selama ini, pemerintah provinsi Jawa Timur telah memberikan berbagai program yang mendukung industri ini. Memang, kami mengharapkan keberlanjutan di sana." kata Henry.

Cagub Gus Ipul cukup mendapat sambutan hangat dari para buruh buruh pengolah tembakau di Kabupaten Bojonegoro. Mereka pun sangat mengenal cagub Jatim ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES