Peristiwa - Internasional AS Menyerang Suriah

Presiden Putin: 'Agresi' AS ke Suriah Bisa Picu Kekacauan Dunia

Presiden Putin: 'Agresi' AS ke Suriah Bisa Picu Kekacauan Dunia Presiden Rusia Vladimir Putin. (FOTO: Okezone)
Senin, 16 April 2018 - 08:41

TIMESINDONESIA, MOSKOWPresiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan bahwa ‘agresi’ AS ke Suriah bisa memicu kekacauan dunia. Hal itu disampaikan Putin kepada Presiden Iran Hassan Rouhani dalam percakapan telepon hari Minggu malam, 15 April 2018.

Kedua presiden itu sepakat bahwa tindakan agresi ini secara serius merusak prospek penyelesaian politik di Suriah. Demikian dikutip dari kantor berita Rusia RIA mengutip layanan pers Kremlin, sebagaimana dilansir dari Aljazeera.

Dalam percakapan itu Putin dan Rouhani membahas situasi di Suriah setelah Amerika Serikat, Perancis dan Inggris meluncurkan serangan terkoordinasi terhadap fasilitas kimia yang diduga dimiliki Suriah.

"Putin menekankan bahwa jika tindakan seperti it uterus dilakukan, jelas telah melanggar Piagam PBB. Jika agresi itu berlanjut, pasti akan mengarah pada kekacauan dalam hubungan internasional," tambah RIA.

Sementara, pada sidang darurat Dewan Keamanan PBB pada Sabtu, Nikki Haley, duta besar AS untuk PBB, mengatakan jika rezim Suriah menggunakan gas beracun ini lagi. Karenanya Amerika Serikat tak akan menghentikan serangan.

Terpisah, Bashar al-Jaafari, duta besar Suriah untuk PBB, mengatakan serangan AS itu adalah serangan melawan hukum internasional. Bashar pun minta ketiga negara itu untuk berhenti mendukung  ’agresi’ AS ke Suriah itu.

Seperti diketahui, pada Sabtu, pasukan AS, Prancis dan Inggris menyerang tiga tempat di Suriah. Menurut pidato Presiden AS Donald Trump, serangan itu terkait dengan kemampuan senjata kimia Bashar al-Assad, presiden Suriah.

Versi AS, ‘agresi’ itu sebagai tanggapan terhadap dugaan penggunaan senjata kimia rezim Suriah di Douma pekan lalu yang menewaskan sejumlah warga sipil.

Atas serangan itu Presiden Vladimir Putin menggambarkan bahwa serangan itu sebagai tindakan ‘agresi AS ke Suriah. Putin pun mengingatkan bahwa situasi ini memperburuk krisis kemanusiaan di Suriah. Putin juga menelepon Presiden Iran Hassan Rouhani terkait hal ini. (*)

Jurnalis : Abdul Lathif
Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration