Ekonomi

Wow... Panen Perdana Benih Padi Temuan Mbah Rono Capai 7 ton

Wow... Panen Perdana Benih Padi Temuan Mbah Rono Capai 7 ton ILUSTRASI: Panen Benih Padi. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Senin, 16 April 2018 - 07:36

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Panen perdana benih padi varietas unggul "Mari Sejahterakan Petani" (MSP) temuan Surono Danu (Mbah Rono), mencapai 6-7 ton per hektare.

Menurut Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung, Mingrum Gumay, di Lampung Timur, Senin (16/4/2018), program tanam padi varietas MSP temuan mbah Rono yang juga kader PDIP ini, adalah salah satu kebijakan partainya untuk mendukung program kedaulatan pangan. 

Bersama sejumlah kelompok tani, sejumlah pengurus PDIP Perjuangan  memanen perdana padi MSP yang diujicobakan pada lahan sawah setengah hektare di Desa Karang Anyar, Kecamatan Labuhan Maringgai pada Minggu (15/4/2018) kemarin.

Menurut pengakuan Gede Suaryase, Ketua Pengurus Ranting PDI Perjuangan di Kecamatan Labuhan Maringgai, sebanyak 10 kg benih varietas MSP telah ditanam pada lahan sawah yang dikelola oleh kelompok tani tersebut.

Varietas padi MSP ini, kata Suaryase, tahan terhadap hama penyakit tanaman, hemat pupuk dan air. Dan perawatannya sangat mudah.

"Perkiraannya, bisa keluar enam hingga tujuh ton per hektare," ujar Gede yang juga anggota DPRD Lampung Timur itu.

Rencananya, benih varietas padi MSP temuan Mbah Rono ini ini akan dibagikan ke petani di Lampung Timur untuk ditanam di sawah milik mereka. (*)

Jurnalis :
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration