Peristiwa

Kegiatan Tiga Bulan Bersih Sampah Pemkot Malang Diperpanjang

Selasa, 05 Juni 2018 - 21:08 | 31.76k
Pjs Wali Kota Malang, Wahid Wahyudi (FOTO: Dok TIMES Indonesia)
Pjs Wali Kota Malang, Wahid Wahyudi (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Program Agenda Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) yang berada di Pemerintah Kota Malang diperpanjang untuk tiga bulan ke depan.

Menurut Pjs Wali Kota Malang, Wahid Wahyudi, diperpanjang karena ada surat edaran dari Direktur Jenderal Pengelolahan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor SE.1/PSLB3/PS/PLB.015/2018 tentang Perpanjangan Pelaksanaan Kegiatan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS), Selasa (5/6/2018). 

Ia mengatakan berdasarkan perintah dari surat edaran tersebut pelaksanaan kegiatan Gerakan TBBS yang semula dilaksanakan terhitung dari tanggal 21 Januari – 21 April 2018 ini diperpanjang hingga 31 Agustus 2018. 

"Tujuannya agar lebih memotivasi semangat masyarakat dan menjaga gerakan rutin yang masif di masyarakat dalam mengelola sampah serta untuk mencapai target pengelolahan sampah yang telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Jakstranas yaitu pada tahun 2025 melalui pengurangan timbulan sampah 30 persen dan penanganan sampah 70 persen," terangnya.

Wahid mengatakan, penekanan kegiatan TBBS ini diupayakan mengedepankan partisipasi masyarakat melalui gerakan yang dibangun untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat dan bebas sampah, dilaksanakan di seluruh kantor pemerintahan, pelabuhan udara, pelabuhan laut atau sungai,  seluruh sarana transportasi darat dan seluruh pasar tradisional.

"Sama seperti sebelumnya yang dilakukan di seluruh Indonesia. Pemerintah mengapresiasi antusiasme yang tinggi dari setiap Pemerintah Provinsi dan Pemerintahan Kabupaten/Kota yang melaksanakan program ini," katanya. 

Pjs Walikota Malang, Wahid Wahyudi  berharap agar hasil yang dicapai dari kegiatan TBBS ini cukup signifikan untuk bisa mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam pengelolahan sampah 

“Gerakan ini Tiga Bulan Bersih Sampah diharapkan dapat membangkitkan gerakan masyarakat peduli sampah secara nasional untuk bisa mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat  melalui pengelolahan sampah berbasis partisipasi rakyat,” ujarnya mewakili Pemerintah Kota Malang(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES