Gaya Hidup Gaya Ramadhan 2018

Sering Ngantuk saat Puasa? Coba Atasi dengan Tips Ini

Selasa, 05 Juni 2018 - 04:21 | 52.06k
Ilustrasi - Mengantuk saat puasa (FOTO: pedava.com)
Ilustrasi - Mengantuk saat puasa (FOTO: pedava.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di bulan puasa Ramadhan, siklus tidur berubah karena Anda akan bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur. Jika Anda tidak tidur lebih cepat, maka jam tidur akan berkurang rata-rata 40 menit. Maka, keesokan harinya Anda pun jadi ngantuk saat puasa. Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan agar Anda bisa mengatasi ngantuk saat puasa. Berikut tipsnya dilansir dari Hello Sehat

1. Bergerak atau jalan kaki
Sebuah survei terhadap ratusan orang di Amerika Serikat menguak bahwa jalan kaki selama 10 menit bisa meningkatkan energi Anda hingga dua jam ke depan. Pasalnya, jalan-jalan mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Sedangkan rasa ngantuk di siang hari biasanya muncul karena otak kekurangan pasokan oksigen.

2. Tidur siang sejenak
Kalau rasa kantuk sudah tak tertahankan lagi, Anda bisa mencuri waktu barang sejenak untuk tidur siang. Namun, jangan tidur siang terlalu lama. Anda mungkin malah jadi semakin lemas karena jam biologis tubuh terganggu. Menurut seorang spesialis penyakit dalam dan pakar gangguan tidur dari Amerika Serikat, dr. Barry Krakow, pasang alarm selama 5-25 menit saja untuk tidur siang.

3. Ganti pemandangan
Bila seharian menghadap layar komputer terus, mata akan terasa lelah sehingga Anda jadi cepat mengantuk. Untuk itu, usahakan untuk mengganti pemandangan ketika kantuk menyerang. Alihkan pandangan Anda dari layar selama 20 detik. Ulangi terus setiap 20 menit. Hal ini akan membuat mata jadi lebih rileks dan segar.

4. Mengobrol
Bila Anda sedang di kampus atau di kantor, ajak rekan Anda untuk mengobrol sejenak guna mengatasi ngantuk saat puasa. Mengobrol akan meningkatkan tingkat kewaspadaan serta kemampuan berkonsentrasi. Supaya efeknya terasa, dr. Barry Krakow menyarankan Anda untuk mengobrol soal topik-topik yang cukup “berat”, bukan sekadar basa-basi.

5. Nyalakan lampu atau cari sinar matahari
Rasa kantuk juga bisa muncul mengikuti pencahayaan yang diterima mata Anda. Bila cahaya meredup, mata menangkapnya sebagai sinyal untuk beristirahat sehingga Anda jadi mengantuk. Untuk itu, nyalakan lampu ruangan Anda atau carilah sinar matahari langsung, misalnya di luar ruangan.

6. Tarik napas dalam
Menarik napas dalam akan meningkatkan kadar oksigen dalam otak. Hal ini bisa membantu menambah energi dan memicu aktivitas otak. Duduk atau berdiri dengan tegak dengan salah satu telapak tangan menempel pada perut Anda. Kemudian, tarik napas sedalam-dalamnya lewat hidung. Saat menarik napas, pastikan perut Anda mengembang dan “terisi” dengan udara. Hembuskan perlahan lewat mulut Anda. Ulangi selama beberapa kali sampai pikiran Anda terasa lebih segar.  

7. Tidur cukup dan berkualitas di malam hari
Cegah ngantuk saat puasa dengan memastikan Anda cukup beristirahat setiap hari. Maka, usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya agar Anda tidak kurang tidur. Supaya tidurnya berkualitas, atur kamar Anda senyaman mungkin. Misalnya pasang kipas angin atau AC agar ruangan cukup sejuk dan matikan lampu kamar.

Itulah 7 tips mengatasi ngantuk saat puasa. Anda bisa mencobanya agar puasa Ramadhan Anda tetap lancar tanpa terganggu oleh rasa kantuk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES