Kesehatan

Aturan Minum Air Putih saat Puasa, Penting Banget Lho

Selasa, 05 Juni 2018 - 02:31 | 38.02k
Ilustrasi - Aturan Minum air Putih saat puasa (FOTO: orami)
Ilustrasi - Aturan Minum air Putih saat puasa (FOTO: orami)

TIMESINDONESIA, JAKRTA – Cairan penting untuk tubuh. Karena itu, meski puasa Ramadhan Anda harus tetap menjaga asupan air minum agar kebutuhan cairan tetap terpenuhi. Caranya adalah dengan mengetahui aturan minum air putih selama puasa.

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Secara rata-rata, untuk wanita dewasa, disarankan untuk minum sekitar delapan gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1,6 liter. Sedangkan, pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter setiap hari.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh sekitar 20 persen. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90 persen air.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan saat puasa, Anda bisa menggunakan rumus 2-4-2. Satu gelas pada saat jam berbuka puasa, satu gelas setelah ibadah shalat maghrib atau sebelum Anda shalat tarawih. Empat gelas bisa Anda sesuaikan waktunya dari setelah shalat tarawih sampai malam hari dan dua gelas saat jam sahur.

Yang perlu diketahui, manusia dapat kehilangan cairan tidak hanya saat buang air kecil (BAK), namun juga saat berkeringat, bernapas dan buang air besar. Beberapa tanda yang dapat membantu Anda mengenali tubuh yang kekurangan cairan, antara lain sakit kepala, merasa kurang berenergi, dan warna urine yang gelap atau tidak sebanyak biasanya.

Itulah aturan minum air putih saat puasa. Coba ikutilah aturan di atas agar kebutuhan cairan Anda tetap terpenuhi selama menjalankan puasa Ramadhan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES