Rabu, 19 Desember 2018
Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Nasional

Pencegahan Paham Radikalisme, Forsana Gelar Sarasehan Guru Ngaji di Unisma Malang

Pencegahan Paham Radikalisme, Forsana Gelar Sarasehan Guru Ngaji di Unisma Malang Forum Santri Nasional (Forsana) menggelar pelatihan pencegahan paham radikal pada 500 guru ngaji se Malang Raya di Unisma Malang. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Minggu, 03 Juni 2018 - 23:14

TIMESINDONESIA, MALANG – Antisipasi masuknya paham radikal terus dilakukan oleh berbagai pihak. Seperti yang dilakukan Forum Santri Nasional (Forsana) yang menggelar pelatihan pencegahan paham radikal pada 500 guru ngaji se Malang Raya di Unisma Malang.

Acara yang digelar di Auditorium KH Oesman Mansyur Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang (Unisma) itu dikemas dalam forum Silaturahmi dan Sarasehan Guru Al Quran  se-Malang Raya pada Minggu (3/6/2018).

Tema yang diangkat dalam acara ini TPQ Madin Sebagai Wadah Pembentukan Karakter Nasionalis dan Berkebangsaan untuk Menangkal Radikalisme.

Dalam acara sarasehan tersebut dihadirkan beberapa pemateri yaitu Dr Fattah Hidayat MPd (Ketua Jurusan Psikologi Universitas Negeri Malang) yang memberikan materi Motivasi Mengajar Al Quran. Ustad Moch. Badrus SM., ST materi Mengajar Al Quran sesi  I dan Nur Cholis Ghozaly (Dosen UIN Maulana Malik Ibrahim) materi Mengajar Al Quran sesi II.

KH Thoriq Darwis Bin Ziyad, Ketua Umum Forsana yang sekaligus Pengasuh Ponpes Babussalam menyatakan kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara Lembaga Pendidikan Sosial dan Dakwah (LPSD) Baitul Hidayah, Unisma, IPNU dan IPPNU menggelar forum Silaturahmi dan Sarasehan Guru Ngaji atau Guru TPQ se-Malang Raya ini.

"Acara ini sengaja diselenggarakan di bulan suci Ramadhan untuk memberikan apresiasi atas kinerja dan pengabdian para guru ngaji. Karena guru ngaji telah berperan besar dalam proses pendidikan usia dini untuk memperkenalkan ajaran islam melalui baca tulis Al Quran," kata Gus Thoriq dalam sambutannya.

Secara khusus Gus Thoriq juga menjelaskan misi Forsana yang gambarkan dalam lambang Forsana yakni Gunung melambangkan kesuburan, bintang sembilan melambangkan sembilan wali penyebar agama Islam. 

Kuda melambangkan kesatria pejuang yang tak kenal lelah.

Jurnalis : Humas Unisma
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration