Rabu, 19 Desember 2018
Peristiwa - Nasional

Kemendes PDTT: Pasar Kawasan Dorong Berkembangnya Sektor Lain di Masyarakat

Kemendes PDTT: Pasar Kawasan Dorong Berkembangnya Sektor Lain di Masyarakat Salah satu pasar kawasan yang telah dibangun ditjen PKP Kemendes PDTT di 56 Kabupaten (FOTO: Kemendes PDTT For TIMES Indonesia)
Jum'at, 01 Juni 2018 - 20:58

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan (Ditjen PKP) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah melaksanakan pembangunan pasar kawasan selama tiga tahun, yakni pada 2016 hingga 2018.

Pada data yang diterima TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) dari Ditjen PKP, pada 2016 dilaksanakan pembangunan pasar kawasan di 29 kabupaten, 2017 di 13 kabupaten, dan pada 2018 di 14 kabupaten. 

Pembangunan pasar kawasan adalah bagian Pembangunan Kawasan Perdesaan sebagai perpaduan pembangunan antardesa yang dilaksanakan dalam upaya mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan pembangunan partisipatif. 

Hal ini sesuai dengan tujuan dan sasaran Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan sebagai Unit Kerja Eselon Satu (UKE-l) Kemendes PDTT yang merupakan turunan dari Visi dan Misi Presiden, Sembilan Agenda Prioritas (Nawacita), serta RPJMN 2015-2019. 

Pembangunan pasar kawasan ditujukan untuk mendorong terwujudnya kawasan perdesaan yang secara ekonomi menjadi kawasan yang produktif dan berdaya saing tinggi. 

Pasar kawasan juga membantu penyediaan sarana ekonomi dalam mempermudah akses pasar produk bagi masyarakat yang diharapkan menjadi stimulan bagi tumbuh dan berkembangnya sektor-sektor lainnya. Dengan adanya pasar kawasan diharapkan dapat mendorong terciptanya BUMDesa Bersama (Bumdesma) sebagai lembaga ekonomi usaha masyarakat yang partisipatif, kapabel, dan dikelola secara profesional. 

Bentuk bantuan pembangunan pasar kawasan adalah pembangunan fisik areal pasar kawasan perdesaan dengan luas 300 meter persegi dalam bentuk lapak-lapak bagi pedagang, pelaku UKM dan lain-lain di tingkat desa untuk memasarkan produk dan penyediaan kebutuhan masyarakat.

Salah satu pasar kawasan di Kabupaten Demak Pasar dikelola BUMDes Bersama Berkah Jaya dari dua desa, yakni Desa Waru dan Desa Ngempak, Kecamatan Mranggen. 

Pasar ini dibangun dengan bantuan Ditjen PKP Kemendes PDTT tahun 2017 yang terdiri dari 24 lapak pedagang, 8 ruko yang menampung kurang lebih 50 pedagang. Saat ini aset pasar kawasan ini mencapai Rp 146 juta, dengan beberapa kegiatan ekonomi lainnya yang dikelola bekerjasama dengan pihak ketiga. Operasional pasar dilakukan seminggu dua kali berdasarkan hari pasar. (*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration