Ekonomi

Mendag Janji akan Jaga Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok Hingga Tahun 2019

Jumat, 01 Juni 2018 - 14:45 | 40.69k
Cabai Merah. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Cabai Merah. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita menegaskan, bahwa pihaknya akan terus mengawal, memantau, dan menjaga, guna memastikan harga barang kebutuhan pokok (bapok) tetap stabil, tidak hanya menjelang Lebaran 2018, tetapi hingga tahun 2019

"Harga bapok menjelang Lebaran 2018 dipastikan stabil dan terkendali. Stabilitas harga ini akan terus dijaga hingga tahun 2019 sesuai arahan Presiden Joko Widodo sehingga tidak ada gejolak saat pesta demokrasi berlangsung,” jelas Mendag, usai mengunjungi tiga pasar rakyat di Bandung, Jawa Barat, hari ini, Jumat (1/6/2018). 

Ketiga pasar rakyat itu yakni Pasar Baru, Pasar Astana Anyar, dan Pasar Kiara Condong. Mendag juga menyampaikan bahwa hasil pantauan di tiga pasar tersebut menunjukkan harga bapok relatif stabil, bahkan cenderung turun. 

Harga cabe merah keriting tercatat Rp 30.000—Rp 40.000/kg, bawang merah Rp 25.000—Rp 30.000/kg, cabe keriting merah Rp 30.000—Rp40.000/kg, cabe merah besar Rp 35.000—Rp40.000/kg, dan bawang putih Rp 24.000-Rp25.000/kg. 

Sementara itu harga minyak goreng curah tercatat sebesar Rp 10.800-Rp 11.250/lt dan gula Rp 12.000/kg atau di bawah harga eceran tertinggi (HET).

Harga daging sapi juga terpantau stabil karena pasokannya cukup. Masyarakat diberikan pilihan dengan adanya daging beku yang harganya berkisar antara sesuai dengan kualitas daging.

Harga telur ayam juga turun secara signifikan sehingga saat ini harganya sudah kembali normal, yaitu Rp 22.000 Rp 23.000/kg. Penurunan harga telur ayam dikarenakan suplainya yang cukup.

Sementara itu, daging ayam yang sebelumnya mengalami fluktuasi harga hingga Rp 42.000 - Rp 44.000/kg, saat ini berangsur turun mencapai Rp 34.000 Rp 35.000/kg. 

Penurunan ini salah satunya dikarenakan adanya pasokan daging ayam beku yang beredar di pasar dengan harga Rp 33.000/kg. 

"Dengan adanya daging ayam beku di pasaran, maka masyarakat mendapatkan alternatif selain daging ayam segar. Kami akan terus memantau perkembangan harga ayam sehingga harganya bisa turun lagi," jelas Mendag.

Satgas pangan, PD Pasar, dinas, dan jajaran Kemendag akan terus memantau pasokan dan harga bapok setiap hari.

“Tidak boleh ada gejolak pada H-7 menjelang Lebaran. Untuk itu, pantauan pasokan dan harga akan dilakukan setiap hari, tanpa libur. Selain itu, pasokan akan terus didorong sehingga jumlahnya cukup dan harga dapat terjaga. Jika pasokan tidak ada, Bulog siap untuk menyediakan pasokan sesuai kebutuhan,” tandasnya.

Dalam pantauan ke pasar rakyat Bandung itu, Mendag juga mengungkapkan bahwa HET beras akan turun minggu depan.

“Suplai beras saat ini sudah siap dan minggu depan HET beras akan diturunkan menjadi Rp 8.900/kg. Penurunan HET beras merupakan upaya pemerintah agar harga beras dapat lebih terjangkau bagi masyarakat,” jelas Mendag.

Mendag menegaskan bahwa penurunan HET beras ini tidak akan merugikan petani dan pedagang. 

"Penurunan HET beras dipastikan akan menguntungkan konsumen dengan tidak merugikan petani dan pedagang. Pembelian gabah dan beras petani oleh Bulog tetap akan dilakukan sesuai Harga Pembelian Pemerintah (HPP), sedangkan pedagang juga masih akan tetap mendapatkan keuntungan dari hasil penjualannya. Yang dikurangi adalah mata rantainya,” terang Mendag.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES