Pendidikan

Parenting, Sebuah Upaya Tingkatkan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini

Parenting, Sebuah Upaya Tingkatkan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini Kegiatan Parenting PAUD di Banyuwangi, Jawa Timur (FOTO: Dispendik Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Kamis, 12 April 2018 - 09:08

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ribuan murid setingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Banyuwangi, Jawa Timur mengikuti kegiatan parenting secara serentak pada Sabtu (7/4/2018).

Kegiatan Parenting dilaksanakan oleh masing-masing Satuan PAUD (TK, KB, TPA, dan SPS) yang dihimpun dalam kluster Gugus PAUD dengan peserta terdiri dari para guru dan perwakilan orangtua dari setiap lembaga PAUD.

Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi melalui Kepala Bidang PAUD, Sunari mengatakan, gebyar parenting digelar sederhana dalam bentuk focus discussion (diskusi terarah).

Sedangkan materi lain adalah gerakan nasional orang tua membacakan buku untuk anak (Gernas Buku), penerapan pendidikan karakter pada anak, dan PAUD holostik integratif.

“Untuk penguatan hasil di setiap gugus, kegiatan parenting harus dilaksanakan di setiap sekolah secara serentak pada 21 April dan akan dilanjutkan secara terjadwal” jelas Sunari, Rabu (12/4/2018).

Sebagai tindak lanjut kegiatan, Sunari berharap, orang tua sebagai wali murid harus konsisten melakukan aktivitas parenting di rumah secara terukur dan berkelanjutan.

“Sekolah memiliki tugas mengevaluasi atau mengukur hasil sebagai bahan laporan dan dokumentasi sekolah untuk kepentingan pengembangan lebih lanjut,” ungkap Sunari.

Seperti diketahui, Parenting adalah upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.

Parenting merupakan proses interaksi berkelanjutan antara orang tua dan anak yang meliputi aktivitas-aktivitas sebagai berikut; memberi makan (nourishing),memberi petunjuk (guiding), dan melindungi (protecting) anak-anak ketika tumbuh berkembang. (*)

Jurnalis : Dian Efendi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Banyuwangi

Komentar

Registration