Kamis, 13 Desember 2018
Politik Pilgub Jatim 2018

Survei: Peluang Dua Pasangan Calon di Pilgub Jatim 2018 Hampir Sama

Survei: Peluang Dua Pasangan Calon di Pilgub Jatim 2018 Hampir Sama Calon pasangan Cagub dan Cawagub Pilgub Jatim 2018, Khofifah-Emil Dardak dan Gus Ipul-Mbak Puti. (FOTO: Kompas)
Kamis, 31 Mei 2018 - 20:23

TIMESINDONESIA, JAKARTALibang Kompas kembali merilis survei tentang persaingan dua pasangan yakni Khofifah-Emil Dardak dan Gus Ipul-Mbak Puti di Pilgub Jatim 2018.

Hasil survei tersebut disajikan lengkap di harian Kompas dan kompas.id pada edisi Kamis (31/5/2018).

Menurut survei tersebut, kedua pasangan memiliki peluang dan kekuatan yang hampir sama.

Menurut Yohan Wahyu dari Litbang Kompas seperti dikutip dari kompas.com, jika dibandingkan pada survei pertama (Februari 2018), di survei kedua (Mei 2018) ini ada kenaikan selisih elektabilitas di antara kedua pasangan calon tersebut.

Yohan mencatat suara yang memilih Khofifah-Emil Dardak 48,6 persen. Persentase ini meningkat 4,1 persen dibandingkan dengan survei sebelumnya. Adapun pasangan Gus Ipul-Mbak Puti 45,6 persen, naik 1,6 persen dari survei sebelumnya.

“Dari angka ini, pasangan Khofifah-Emil meraih peningkatan lebih besar dibandingkan lawannya. Jarak tingkat keterpilihan kedua pasangan pun mengalami perubahan, dari 0,5 persen di survei pertama, menjadi 3 persen di survei ini,” kata Yohan.

Survei Litbang Kompas ini juga memperlihatkan bahwa tingkat elektabilitas pasangan Khofifah-Emil Dardak dan Gus Ipul-Mbak Puti di Pilgub Jatim 2018 ini sebenarnya masih sama kuat. “Belum bisa secara kuat mengatakan salah satu pasangan akan unggul dibandingkan pasangan lainnya,” pungkas Yonan. (*)

Jurnalis :
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration