Peristiwa Nasional

Pemerintah Pastikan Harga BBM Jenis Premium dan Solar Tidak Naik

Rabu, 30 Mei 2018 - 19:48 | 32.70k
Rapat Kerja DPR dengan Komisi VII. (FOTO: Alfi Dimyati/TIMES Indonesia)
Rapat Kerja DPR dengan Komisi VII. (FOTO: Alfi Dimyati/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah pusat memastikan bahwa harga BBM jenis Premium dan Solar tidak ada kenaikan hingga akhir tahun. Hal itu ditegaskan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan.

Menurut anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PAN, Tjatur Sapto Edy, pihaknya sudah menanyakan kepastian BBM ke Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan.

Pasalnya, kata dia, masyarakat perlu mendapat kepastian harga BBM di tengah melemahnya nilai tukar rupiah dan kenaikan harga minyak mentah dunia.

Diketahui, dua komponen itu masuk ke dalam hitung-hitungan pembentukan harga BBM di dalam negeri.

"Apakah rupiah yang saat ini melemah dan harga minyak sekarang yang tak menentu (Tren Naik), pemerintah akan menaikkan harga BBM?," katanya di Ruang Komisi VII DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (30/5/2108).

Menanggapi pertanyaan itu, Menteri Jonan memastikan bahwa untuk harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar dipastikan tidak akan naik sampai akhir tahun 2018.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi VII lainnya, Kurtubi menilai bahwa tidak dinaikannya harga BBM maka akan menjadi beban PT Pertamina (Persero). 

"Pahit memang tapi itu jadi keputusannya. Tapi harus dicari solusi supaya tidak terlalu memberatkan pertamina," katanya.

Pada kesempatan itu, Kurtubi menyarankan kepada pemerintah pusat agar melakukan efisiensi di sektor pengadaan BBM. Pasalnya, impor BBM ataupun elpiji masih dilakukan dan hanya menguntungkan trader.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES