Ekonomi Liputan6.com

Hati-Hati, Ini Beberapa Kerugian Jika Sering Gesek Tunai Kartu Kredit

Hati-Hati, Ini Beberapa Kerugian Jika Sering Gesek Tunai Kartu Kredit Ilustrasi Foto Kartu Kredit (FOTO: iStockphoto)
Rabu, 11 April 2018 - 00:27

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi sebagian pemilik kartu kredit, gesek tunai kartu kredit adalah cara tercepat ketika kepepet masalah keuangan. Namun, benarkah langkah tersebut?

Memang, kartu kredit memiliki fasilitas yang bisa gunakan untuk gesek tunai kartu kredit di sejumlah merchant. Biasanya ada mesin EDC (Electronic Data Capture) dari bank yang berada dalam jaringan kartu kredit bank penerbit.

Sebagai contoh, mesin EDC Bank BCA yang menerima kartu kredit Mastercard dan Visa kartu kredit BCA. Selain itu, meski kartu kreditmu bukan dari bank BCA, tapi berada dalam jaringan Mastercard, merchant tersebut tetap bisa memakainya untuk menyediakan jasa gesek tunai.

Dengan melakukan transaksi di merchant tersebut, seolah-olah Anda membeli sesuatu. Padahal, Anda mengambil uang tunai dari merchant tersebut. Lalu, apakah gesek tunai tersebut dibenarkan? Dan apa saja kerugiannya?

Sebenarnya Bank Indonesia menghimbau pemilik kartu kredit untuk menghindari gesek tunai kartu kredit. Alasannya, data transaksi gesek tunai rawan disalahgunakan oleh merchant, sehingga berpotensi menimbulkan kerugian konsumen. Mengapa gesek tunai kartu kredit tetap popular?

Pertanyaannya, mengapa masih banyak masyarakat menggunakan fasilitas gesek tunai kartu kredit meski rawan penyalahgunaan data transaksi? Berikut ini rangkuman dari situs perbandingan dan pengajuan kartu kredit dan pinjaman HaloMoney.co.id

1. Tak ada limit
Dengan gesek tunai, Anda bisa mendapatkan dana tanpa batasan. Biasanya, jika Anda menarik dana dari ATM, Anda hanya bisa menarik dana sekitar 40 hingga 60 persen dari limit kartu kreditmu. Inilah alasan mengapa kebanyakan orang suka gesek tunai kartu kredit.

Namun dengan fasilitas tersebut, sayangnya banyak pemilik kartu kredit lupa menjaga keseimbangan keuangannya sehingga jadi boros. Akibatnya, gesek tunai menggiring pemilik kartu kredit terjerat utang kartu kredit.

Jurnalis : Fitriana Monica Sari
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Liputan6

Komentar

Registration