Pendidikan

Pemain Timnas Indonesia Saddil Ramdani Jalani UNBK

Pemain Timnas Indonesia Saddil Ramdani Jalani UNBK Pemain timnas U-23 Saddil Ramdani menjalani UNBK di SMA N 7 Malang (FOTO: Imadudin Muhammad/Indonesia)
Senin, 09 April 2018 - 16:53

TIMESINDONESIA, JAKARTASaddil Ramdani, salah satu pemain Timnas Indonesia U-23, menjalani UNBK di SMAN 7 Kota Malang, Jawa Timur, Senin (9/4/2018).

Pemain sayap yang kini memperkuat Persela Lamongan ini merupakan siswa kelas XII IPS 6 di SMAN 7 Malang . Sama seperti siswa SMA pada umumnya, UNBK menjadi tahapan yang penting untuk penentuan proses pelajar di bangku SMA. 

Tiba sekitar pukul pukul 13.00 WIB, Saddil mengikuti sesi tiga yang dimulai pada pukul 14.00-16.00 WIB, dengan mengenakan seragam putih abu-abu. Pada hari pertama UNBK, mapel yang diujikan ialah Bahasa Indonesia.

"Saya pribadi tak banyak melakukan persiapan. Saya hanya belajar dan membaca buku pelajaran bahasa Indonesia," kata Saddil. 

Selama persiapan jelang UNBK, Saddil hanya mengingat pesan guru-gurunya di SMA N 7 Malang untuk terus membaca. 

"Siapa saja tahu ada yang masuk dipikiran itu pesannya," tambahnya. 

Saddil-Ramdani-Ujian.jpg

Saddil mengatakan pada bulan ini ia sudah meminta manajemen Persela untuk fokus menyelesaikan ujian sekolah. Karena itu, ia dipastikan tidak akan main untuk 4 pekan selama bulan ini.

"Manajemen dan pelatih mendukung dan mengerti konsisi saya. Saya berterimakasih atas dukungan ini, termasuk guru-guru SMA N 7 Malang," terang Saddil.

Ia menyebutkan selama empat hari ini, 9 sampai 12 April 2018. Setelah itu, 23 sampai 27 April 2018, ia akan mengikuti ujian susulan USBN. 

Diakuinya, ia terpaksa harus menyusul lagi USBN, karena ia ada kegiatan, termasuk persiapan pertandingan. Meski demikian ia tetap akan menjalani semua itu, sebab pendidikan juga penting.

"Pesan ibu pendidikan itu juga penting, dan harus selesai. Baru bola," ungkapnya. 

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan rasa terima kasih pada para gurunya memberi perhatian kepadanya. Ia mengatakan para guru sangat mendukung dan banyak memberikan keleluasaan. Salah satunya, saat bertanding di luar, ia masih mengirim PR atau tugas melalui email. 

Selain Saddil Ramdani, terdapat 399 siswa SMA N 7 Malang yang turut menjalani UNBK. Saddil sendiri merupakan salah satu pemain timnas U-23 yang memperjuangkan Indonesia di laga Kualifikasi Kejuaraan AFC U23 2018 dan SEA Games 2017(*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration