Kesehatan

Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur, Ini Risikonya untuk Tubuh

Minggu, 27 Mei 2018 - 03:13 | 17.51k
Ilustrasi - Dampak tidur setelah makan sahur (FOTO: Vemale)
Ilustrasi - Dampak tidur setelah makan sahur (FOTO: Vemale)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak orang yang memilih langsung tidur setelah sahur supaya tidak mengantuk saat beraktivitas seharian. Sayangnya, kebiasaan ini dapat menyebabkan asam lambung Anda naik ke kerongkongan. Tidur setelah makan sahur juga bisa menyebabkan muncul masalah pada saluran cerna atas.

Setelah selesai sahur sebaiknya Anda jangan langsung tidur. Tunggulah 2-3 jam setelah makan, agar makanan yang Anda konsumsi dapat dicerna tubuh dengan baik.

Sebelum makanan dicerna dengan baik, namun Anda sudah tidur maka sistem pencernaan tidak akan bisa bekerja dengan maksimal. Terlebih lagi apabila Anda mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna seperti daging atau gorengan.

Selain memicu masalah pencernaan dan lambung, langsung tidur setelah sahur juga memicu masalah kesehatan lainnya. Mulai dari perut buncit, berat badan mudah naik, hingga berisiko terkena stroke dan serangan jantung.

Jika Anda tidak ingin mengalami risiko karena tidur setelah sahur, maka alangkah lebih baik untuk menghindarinya. Berikan jeda waktu minimal setengah jam antara makan sahur dengan tidur. Dan lebih baik jika Anda menunggu hingga sholat Subuh terlebih dahulu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES