Jum'at, 21 September 2018
Peristiwa - Nasional

Pemudik Disarankan Pilih Jalur Pansela, Ini Rutenya

Pemudik Disarankan Pilih Jalur Pansela, Ini Rutenya Denah Jalur Pansela (Dok KemenPUPR For Times Indonesia)
Sabtu, 26 Mei 2018 - 13:35

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyarankan kepada masyarakat para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman dengan menggunakan kendaraan pribadi, lebih memilih Jalur Pantai Selatan (Pansela) ketimbang menggunakan Jalan Tol atau Jalur Pantai Utara (Pantura).

Selain pengguna jalannya masih sedikit, jalur tersebut juga menyuguhkan keindahan alam yang sangat luar biasa, mulai dari pegunungan, hamparan lahan persawahan dan pantai.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setiadi Moerwanto pada Jumat, 25/5/2018 kemarin, mengatakan, untuk Jalur Pansela sendiri telah menghubungkan empat provinsi, mulai dari Banten, Jawa Barat, JawaTengah, Jogjakarta, sementara untuk Jawa Timur belum terhubung sepenuhnya dengan baik.

Terkait kondisi jalannya sendiri, kata Arie, Jalur Pansela masuk kategori Baik dan Sedang dengan kisaran lebar jalan lima-tujuh meter. Dimulai dari Provinsi Banten, Rute Pansela melintasi kabupaten Serang, Pandeglang dan kemudian lebak. 

Setelah itu, masuk ke Provinsi jawa Barat, Jalur Pansela di mulai dari kabupaten Sukabumi sambil melihat pantai Geoparknya yang sungguh menawan, kemudian masuk Kabupaten Cianjur berlanjut ke wilayah Puncak Guha Garut.

Selanjutnya, masuk ke jalan yang dekat dengan bibir pantai Rancabuaya dan Pantai Sayang Heula Garut, kemudian masuk Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, hingga Kabupaten Pangandaran. 

Kemudian berlanjut ke Provinsi Jawa Tengah, dimulai dari Kabupaten Cilacap, berlanjut ke Kebumen mulai dari Pesisir Pantai Ayah, Pantai Petanahan, Klirong, sampai ke pucuk Ambal Daendels, kemudian berlanjut ke Kabupaten Purworejo.   

Setelah itu, masuk ke Provinsi Jogjakarta, melintasi Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Gunung Kidul. untuk Jalur penghubung Pansela di Provinsi Jawa Timur, kata Arie pada tahun 2018 ini belum semuanya siap.(*)

Jurnalis : Alfi Dimyati
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Tria Adha

Komentar

Registration