Indonesia Positif UIN Malang

Peduli Gender, UIN Malang Gelar Sosialisasi PPRG

Sabtu, 26 Mei 2018 - 08:10 | 42.25k
Sutiah, pakar gender Kota Malang memberikan pengarahan kepada peserta kegiatan Implementasi Perencanaan Penganggaran Responsif Gender. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Sutiah, pakar gender Kota Malang memberikan pengarahan kepada peserta kegiatan Implementasi Perencanaan Penganggaran Responsif Gender. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Unit Pusat Studi Gender dan Anak mengadakan Sosialisasi Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) untuk seluruh staf perencanaan di seluruh unit dan fakultas di UIN Malang, Kamis (24/5/2018).

Sosialisasi ini sebagai follow-up dari kegiatan Implementasi Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) pada Maret lalu. 

Seosialisasi menghadirkan pakar gender, Sutiah untuk mendampingi staf perencanaan dalam menyusun dokumen Anggaran Responsif Gender. 

Setiap peserta diminta membawa dokumen anggaran tahun 2019 untuk selanjutnya dianalisis bersama sebelum diajukan ke pihak kampus.

Dalam kesempatan itu, Sutiah menyamakan persepsi bahwa setiap program dan kebijakan yang disusun lembaga harus responsif gender. “Artinya, program tidak dirancang dengan pandangan netral, ada kelompok-kelompok yang harus menjadi pertimbangan,” jelasnya.

Sehingga, lanjutnya, program pembangunan yang dicanangkan akan ramah bagi setiap gender dan kelompok marginal lainnya. Seperti kaum difabel. Ia memandang, tidak semua institusi memperhatikan analisis gender dalam konstruksi pembangunannya.

Akibatnya, sarana-prasarana yang dibangun tidak mencakup semua kaum. “Kurangnya fasilitas tangga atau lajur untuk kaum difabel, tidak adanya smoking area dan ruang laktasi,” kata Sutiah sebagai dampak absennya analisis gender.

Sosialisasi PPRG dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung Rektorat Lt. 3. UIN Malang dan dibuka oleh Kabiro AUPK, Mahfudh Shodar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES