Peristiwa Daerah

Wow, Pemkab Probolinggo Pertahankan Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut

Jumat, 25 Mei 2018 - 23:53 | 30.08k
Kantor Pemkab Probolinggo. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)
Kantor Pemkab Probolinggo. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOPemkab Probolinggo, Jawa Timur, menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kelima secara berturut-turut sejak 2013, dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2017 itu, diberikan di Kantor BPK Perwakilan Jawa Timur di Sidoarjo, Jumat (25/5/2018).

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK diserahkan Plt Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur, Ayub Amali, kepada Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Musayyib Nahrawi.

Penyerahan LHP disaksikan anggota V BPK RI Jakarta Ir. Isma Yatun, MT. “Alhamdulillah, inilah soliditas yang membuahkan kinerja terbaik. Apa yang tertuang dalam RPJMD, kita diberi izin Allah SWT untuk mewujudkannya,” kata Tjahjo. 

Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2013–2018 memang menyebutkan, meningkatnya penyelenggaraan kepemerintahan yang baik dan bersih merupakan salah satu tujuan pembangunan daerah.

Tujuan ini dijabarkan menjadi sasaran meningkatnya transparansi dan akuntabilitas publik dengan tiga indikator kinerja: opini BPK terhadap laporan keuangan daerah, nilai akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, dan nilai laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah. 

Sekda Soeparwiyono yang ikut mendampingi Pj Bupati, juga menyampaikan terima kasih atas komitmen dan dukungan semua pihak dalam meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan daerah. Mulai perencanaan, pelaksanaan, hingga pemeriksaannya dan meraih WTP dari BPK.

Sementara Wakil Ketua DPRD, Musyayyib Nahrawi mengungkapkan, WTP berturut-turut ini menggambarkan kinerja legislatif dan ekskutif telah amanah dan profesional, berlangsung sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Penyerahan LHP atas LKPD Pemkab Probolinggo ini, bersamaan dengan 19 daerah lain di Jatim. Sementara sisanya akan diserahkan pada tahap kedua beberapa hari mendatang.

Dalam sambutannya, anggota V BPK RI Isma Yatun, menyampaikan apresiasi kepada daerah yang mampu mempertahankan WTP berturut-turut enam kali, yakni Kabupaten Banyuwangi.

Ia juga mengapresiasi Kabupaten Jember yang naik kelas dari yang sebelumnya WDP, menjadi WTP; serta 18 Kabupaten/Kota lain, yang mampu mempertahankan WTP berturut-turut lima kali dari BPK yaitu Pemkab Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES