Jum'at, 21 September 2018
Peristiwa

Ramadhan, Hataman Kitab Salaf di Ponpes Nurul Jadid melalui Radio Streaming

Ramadhan, Hataman Kitab Salaf di Ponpes Nurul Jadid melalui Radio Streaming Tampilan aplikasi Radio Streaming pengajian Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Jadid (screen shoot)
Kamis, 24 Mei 2018 - 13:53

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Hataman kitab salaf (kuning) di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Jadid, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, selama Ramadhan, tak hanya bisa diikuti santri di lingkungan pesantren. Alumni dan masyarakat umum, juga bisa ikut pengajian dengan berbekal gawai di tangan.

Hataman kitab yang digelar Masjid Jamik Pondok Pesantren Nurul Jadid itu, disiarkan langsung lewat radio streaming. Ada yang pagi, siang, ada juga yang sore.

Alumni atau masyarakat umum yang ingin ikut hataman di Bulan Ramadhan, cukup mengunduh aplikasi Radio Nurul Jadid di gawai masing-masing.

Unduhan dilakukan di link server https://play.google.com/store/apps/developer?id=NURUL+JADID, atau mengetik "Radio Nurul Jadid" pada mesin pencari Playstore.

Pukul 08.00-11.00 WIB, Radio Nurul Jadid menyiarkan hataman Kitab Nasoihul 'Ibad oleh Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, KH Moh Zuhri Zaini. 

Pukul 13.00-14.45 WIB, giliran hataman Kitab Tanwirul Qulub oleh KH Najiburrahman Wahid yang disiarkan secara langsung.

Sorenya, Radio Nurul Jadid menyiarkan hataman Kitab Sa'datud Darain, oleh KH Moh Romzi. Hataman ini dimulai pukul 15.15 WIB dan berakhir pukul 16.30 WIB. 

Sekretaris Pondok Pesantren Nurul Jadid, Faizin Syamwil mengatakan, siaran langsung pengajian Ramadhan lewat Radio Streaming ini telah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir.

"Ini bagian dari syiar Islam, bagian dari dakwah pesantren," katanya kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id)

Menurutnya, aplikasi Radio Streaming tersebut sebagai sarana penghubung untuk para alumni ataupun umat muslim dalam proses pengajian online Pondok Pesantren Nurul Jadid.

Jadwal hataman kitab salaf (kuning) di Pondok Pesantren Nurul Jadid ini, akan berlangsung sampai pertengahan Ramadhan. (*)

Jurnalis : Muhammad Iqbal
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration