Ekonomi

Menteri BUMN Borong Beras Merah Organik Banyuwangi

Menteri BUMN Borong Beras Merah Organik Banyuwangi Bupati Anas dampingi Menteri BUMN Rini Soemarno berbelanja beras merah organik. (FOTO: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Jum'at, 06 April 2018 - 13:29

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenteri BUMN Rini Soemarno memborong beras organik saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Banyuwangi, Jumat (6/4).

Tiba di Bandara Banyuwangi, Rini mengunjungi sejumlah titik di kabupaten berjuluk The Sunrise of Java tersebut dengan didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Di antaranya ke Desa Pondok Nongko untuk mengecek penyerapan gabah. Di sana, Rini juga diperkenalkan ke produk beras organik khas Banyuwangi, yaitu beras merah organik, hitam organik, dan beras germanasi.

“Ini produksi kelompok tani dari Kecamatan Singojuruh Banyuwangi, Bu. Sudah ada 100 hektare, dan sudah diekspor ke Eropa dan Amerika Serikat, serta mengisi pasar di kota-kota besar. Harganya lebih bagus dibanding beras biasa, sehingga petani bisa lebih sejahtera,” kata Anas kepada Rini.

Anas menjelaskan, ada tiga varietas tanaman padi organik Banyuwangi yang sudah terdaftar sebagai padi asli Banyuwangi di Kementerian Pertanian. Sejumlah kelompok tani telah mendapat sertifikasi produsen beras organik yang bebas pestisida dan pupuk kimia berdasarkan pedoman SNI.

“Pemkab Banyuwangi juga membuka lahan percobaan pengembangan beras organik menggunakan dana APBD,” papar Anas.

Penasaran, Rini pun memborong beras merah dan hitam organik produksi kelompok tani Banyuwangi itu. Satu lagi yang dibeli adalah beras germinasi, beras yang telah melalui proses aktivias berbagai enzim di dalam beras pecah kulit, sehingga semua kandungan gizinya dioptimalkan. 

Jurnalis : Syamsul Arifin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Banyuwangi

Komentar

Registration