Kesehatan

Tips Puasa bagi Penderita Maag, Nomor 4 Penting Banget Lho

Rabu, 23 Mei 2018 - 06:14 | 47.46k
Ilustrasi - Tips Berpuasa untuk Penderita Maag (FOTO: Istimewa)
Ilustrasi - Tips Berpuasa untuk Penderita Maag (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penderita maag harus ekstra hati-hati saat menjalankan puasa. Jika tidak dilakukan dengan cara-cara yang tepat, maka dapat memperparah kondisi penyakit maag yang dimilikinya. Lalu, bagaimana tips puasa agar penderita maag tetap berpuasa dengan nyaman Berikut ini adalah tips berpuasa bagi penderita maag, dilansir dari Klik Dokter.

1. Jangan lewatkan makan sahur

Wajib hukumnya bagi Anda yang memiliki penyakit maag untuk makan sahur sebelum berpuasa. Saat berpuasa lambung akan mengalami kekosongan selama hampir 14 jam. Makan sahur akan mencegah peningkatan asam lambung berlebih. Selain itu, sahur juga merupakan sumber energi bagi Anda untuk beraktivitas seharian.

2. Jangan tunda waktu berbuka puasa

Penderita maag disarankan untuk segera berbuka ketika waktunya tiba. Awali dengan minum air hangat dan hindari mengonsumsi teh pekat, kopi, dan air dingin. Karena deretan minuman tersebut dapat merangsang lambung.

3. Makan secukupnya

Kondisi lambung saat berpuasa dipenuhi oleh gas dan asam lambung. Oleh sebab itu, hindari makan berlebih saat berbuka. Jika Anda makan terlalu banyak, udara asam lambung akan menekan ke sisi-sisi lambung, sehingga menyebabkan lambung teregang. Hal ini dapat menyebabkan nyeri perut, begah, dan mual saat berbuka puasa. Jadi, makanlah secukupnya agar lambung dapat berkontraksi dengan normal.

4. Hati-hati dalam memilih menu sahur atau berbuka

Hindari menu sahur dengan makanan yang merangsang lambung seperti makanan pedas atau yang terlalu asam, makanan yang digoreng, serta yang menghasilkan gas seperti kol dan sajian bersantan.

Untuk berbuka, Anda disarankan memilih makanan yang ringan dan manis seperti kurma. Begitu juga dengan minuman, jauhkan diri Anda dari minuman bersoda atau yang mengandung kafein.

5. Konsumsi obat secara teratur

Tetaplah mengonsumsi obat-obatan secara teratur, sesuai dengan anjuran dokter. Obat golongan antasida akan membantu mengurangi produksi asam lambung, menetralisir asam lambung dan juga melindungi dinding lambung.

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi Anda yang memiliki penyakit maag boleh-boleh saja, asal dilakukan dengan cara yang tepat, dengan mengikuti tips puasa di atas. Dengan mengetahui tips berpuasa bagi penderita maag, Anda bisa berpuasa dengan tenang dan nyaman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES