Jum'at, 21 September 2018
Peristiwa - Daerah

Menteri Amran: Kita Jadikan Bondowoso sebagai Republik Kopi

Menteri Amran: Kita Jadikan Bondowoso sebagai Republik Kopi Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, saat di Bondowoso. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
Selasa, 22 Mei 2018 - 15:40

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOMenteri Pertanian RI Amran Sulaiman mendukung branding city Bondowoso Republik Kopi. Dalam kunjungannya ke kota ini, Amran membagikan bantuan sebanyak 500 ribu bibit kopi sebagai solusi pengentasan kemiskinan.

"Kita jadikan Bondowoso ini jadi Republik Kopi," ujar Amran yang langsung disambut meriah, Selasa (22/5/2018).

amran-2.jpgMenteri Amran Sulaiman saat tanam kopi secara simbolis. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id))

Amran juga menyediakan bantuan bibit yang akan diberikan kepada Bondowoso, yakni khusus bibit kopi. Sebab, kata dia, Bondowoso memiliki iklim yang sangat cocok untuk pengembangan kopi. Selain itu juga bisa menjadi solusi pengentasan kemiskinan di Kabupaten Bondowoso. 

"Kopi ini adalah solusi permanen untuk pengentasan kemiskinan di Bondowoso. Per tahun, pendapatan masyarakat bisa Rp 200 juta-250 juta, sebulan bisa Rp 25 juta, kalau lahannya hanya 1/3 hekatare jadi bisa Rp 6-7 juta per bulan," katanya. 

Amran mengatakan pengentasan kemiskinan di Bondowoso relatif mudah karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso telah menciptakan pondasi pemberdayaan ekonomi kerakyatan lewat program klusterisasi kopi rakyat yang digagas sejak 2011. Lewat program tersebut, Kementan akan mendorong produksi kopi Bondowoso bisa mencapai 2-3 ton per hektare. 

"Kalau produksi kita 2 ton saja, kita bisa jadi penghasil kopi nomor 1 di dunia," ujar pria asal Bone itu. 

Selain bibit kopi, Amran juga memberi ayam kampung. Ia menyampaikan bahwa ayam kampung yang diberikan adalah ayam khusus karena bisa bertelur setiap hari. Karenanya, ia berpesan agar bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan dengan baik. 

"Selama 2 tahun tidak boleh dipotong. Ini ayam khusus, ayam unggul. Selama dua tahun bertelur setiap hari," ujarnya.

Bantuan yang diberikan Menteri Pertanian RI  ini merupakan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja). Program ini merupakan sinergi antara Kementan, Kemendes, Kemensos, dan BUMN. Melalui Bekerja, sebanyak 1.000 desa di 100 kabupaten akan diberikan bantuan sebagai solusi pengentasan kemiskinan. Khususnya di Bondowoso Republik Kopi. (*)

Jurnalis : Aminatus Sofya
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Tria Adha

Komentar

Registration