Ekonomi

PT Holcim Indonesia: Kuartal I 2018, Penjualan Semen Holcim Naik 2 Persen

Senin, 14 Mei 2018 - 23:09 | 212.58k
Logo Semen Holcim (FOTO: Informasi Bahan Bangunan)
Logo Semen Holcim (FOTO: Informasi Bahan Bangunan)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Kabar gembira dirilis PT Holcim Indonesia Tbk. Produsen Semen Holcim ini mengumumkan kinerja keuangan perusahaan pada kuartal pertama tahun 2018, Senin (14/5/2018).

Di tengah tekanan akibat persaingan pasar, Holcim Indonesia mampu mencatatkan peningkatan penjualan bersih sebanyak 2%. Yakni dari Rp 2.158 milyar di tahun 2017 menjadi Rp 2.201 milyar pada tahun 2018. 

Asosiasi Semen Indonesia melaporkan terjadi pertumbuhan penjualan semen pada tahun 2018 sebesar 6.6% jika dibandingkan tahun 2017 pada periode yang sama. 

Terjadinya peningkatan konsumsi ada di Sumatra dan Kalimantan. Masing-masing mencapai 9% dan 7%. Pertumbuhan ini juga mendorong pertumbuhan permintaan semen dan membantu penyerapan pasokan yang berlebih, disamping upaya ekspor yang dilakukan oleh pelaku bisnis semen. 

Meskipun mengalami peningkatan pada penjualan, Holcim mencatatkan kerugian sebesar Rp 332 milyar. Kerugian itu disebabkan oleh menurunnya harga jual serta tingginya biaya energi jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. 

Tingginya curah hujan serta jam kerja yang berkurang dikarenakan ada banyak hari libur juga berkontribusi pada pencapaian yang lebih rendah.

Menanggapi hasil kuartal pertama, Presiden Direktur PT Holcim Indonesia Tbk Gary Schutz mengatakan, situasi di pasar Indonesia masih terus menantang di kuartal pertama 2018. "Sebagai langkah antisipasi, Holcim juga melakukan efisiensi biaya dan mengambil langkah-langkah transformasi komersial," jelasnya. 

Lebih lanjut Gary Schutz menjelaskan, Holcim berada di dalam posisi yang baik dengan jaringan yang lebih terintegrasi dan lini produk yang lebih lengkap. "Kami juga siap untuk melayani pasar serta memenuhi kebutuhan pelanggan, mulai dari pemilik rumah hingga proyek infrastruktur dan proyek pembangunan gedung bertingkat," tandasnya.

"Komitmen kami adalah untuk menyediakan solusi-solusi inovatif dan nilai tambah bagi pelanggan. Hal ini yang membedakan kami dari kompetitor," sambung Gary Schutz.

Holcim Indonesia dikenal terdepan dalam inovasi, kualitas produk dan layanan. Karenanya Holcim Indonesia mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk proyek revitalisasi kompleks olahraga terbesar di Indonesia, Gelora Bung Karno. 

Baru-baru ini Holcim juga mengadakan acara media gathering dengan Kementerian Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum Republik Indonesia, pihak Manajemen PPKGBK, serta Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Gathering itu mengenai proyek revitalisasi kawasan olah raga Gelora Bung Karno untuk menyambut Asian Games mendatang. 

Holcim juga terpilih dalam proyek ini karena memiliki produk beton berpori ThruCrete dan ColoCrete yang dapat menyerapkan air langsung ke dalam tanah. Ini dapat digunakan pada lintasan jogging, taman, serta jalur pejalan kaki yang ada di kawasan GBK ini. Beton berpori ini juga mampu mencegah genangan air sehingga sangat aman bagi para pelari. 

“Kami sangat bangga bisa menjadi bagian dari saksi sejarah Indonesia yang menjadi tuan rumah Asian Games tahun ini. Keterlibatan Semen Holcim merupakan bukti bahwa kami memiliki keunggulan yang dibutuhkan oleh pelanggan dan masyarakat pada umumnya”, tutup Gary, presdir PT Holcim Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES