Kesehatan

Gus Ipul akan Adopsi Program

Jumat, 11 Mei 2018 - 22:40 | 60.30k
Gus Ipul saat berkunjung ke kampung Glintung Go Green, kota Malang. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Gus Ipul saat berkunjung ke kampung Glintung Go Green, kota Malang. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGCalon Gubernur Jawa Timur nomer urut dua Syaifulah Yusuf (Gus Ipul) bersama rombongan meninjau kampung Glintung Go Green (3G) di kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang Jumat (11/5/2018).

Kampung yang berhasil meraih penghargaan “Guangzhou Award For Urban Innovation 2016” ini berhasil menerapkan program “Gerakan Menabung Air” (Gemar).  

Kehadiran Gus Ipul langsung disambut oleh Ketua RW 23 yang juga koordinator warga, Bambang Irianto. Gus Ipul diajak berkeliling ke lorong-lorong dalam kampung untuk melihat satu 
per satu hasil program warga. Diantaranya adalah biopori, sebagai penampung air, sekaligus antisipasi untuk banjir.

Gus-Ipul-2.jpg

Sekitar 1100 biopori tersebar di seluruh kampung yang dibuat dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini. “Hasil dari pembuatan biopori ini, daerah ini yang biasanya menjadi langganan banjir, kini sudah tidak mengalami musibah banjir tahunan," ungkap Bambang Irianto.

Bukan hanya sebagai sumber serapan air, biopori sekaligus menjadi penghasil kompos. Bahkan, kompos yang diproduksi biopori tersebut bisa dijual.

Gus-Ipul-3.jpg

Selain itu, kata Bambang Irianto, Kampung 3G juga mengembangkan pertanian hidroponik. "Tanaman hidroponik ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena memang kaya akan gizi," tuturnya.

Bank sampah, tambahnya, juga jadi program di kelurahannya. Kampung ini sudah membentuk tim bank sampah. Dari penjualan sampah tersebut, bisa membantu menambah pendapatan warga setempat. 

Gus-Ipul-4.jpg

Usai meninjau kampung itu, Gus Ipul mengungkapkan bahwa dia ingin mengadopsi program "Gemar" ini menjadi gerakan yang lebih besar lagi. Gemar akan dilaksanakan di seluruh kota di Jawa Timur jika dia terpilih sebagai Gubernur, Jawa Timur.

"Program Gemar" ini bisa ditiru dan dikembangkan di Jawa Timur. Manfaatnya besar. Bukan hanya untuk masyarakat sekitar namun juga masyarakat pada umumnya. Harus lebih banyak lagi kampung-kampung sepert seperti Kampung 3G ini," kata Calon Gubernur Jawa Timur ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : =

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES