Jum'at, 21 September 2018
Politik Pilgub Jatim 2018

Debat Kedua Pilgub Jatim, Ini Tema yang Disiapkan KPU Jatim

Debat Kedua Pilgub Jatim, Ini Tema yang Disiapkan KPU Jatim Komisioner KPU Jatim Choirul Anam bersama ketua tim dari Kedua Paslon dan perwakilan Kompas TV dan Metro TV. Senin 7/5/2018 (FOTO: Nasrullah/TIMES Indonesia)
Senin, 07 Mei 2018 - 18:08

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Debat kandidat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) 2018, Jawa Timur, tahap kedua, direncanakan akan dilaksanakan di Dyandra Convention Center Surabaya, Selasa (8/5/2018). Namun, tema dan desain debat kandidat Pilgub Jatim itu akan dikemas berbeda dari debat pertama.

Dari hasil rapat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, yang disampaikan saat Madia Gathering dan rapat menjelang pehelatan Debat Kandidat edisi kedua, debat akan digelar ditempat yang sama dengan debat sebelumnya.

"Teknisnya akan beda dengan debat pertama. Bagaimana tak ada lagi pasca debat ada masyarakat yang beranggapan bahwa debat kandidat hanya debat kusir," tegas Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Anam, Senin (7/5/2018).

Tim panelis katanya, akan dibuat berbeda. "Kita ambil yang lebih berbobot dari yang kemarin. Dan tim panelis kita buat tampil didepan. Panelis sendiri yang akan maju kedepan untuk membacakan pertanyaan yang diambil oleh pasangan calon," katanya.

Sementara untuk moderator, punya kewenangan penuh untuk mengatur waktu jalannya debat. Hal itu katanya, supaya tak ada lagi anggapan debat itu hanya debat kusir.

Terkait sistem pengamanan debat, sudah berkomunikasi dengan pihak kepolisian. Yakni pihak Polrestabes Surabaya dan Polda Jatim.

Untuk masing-masing Ketua Tim Pemenangan dari kedua kandidat sudah siap menghadapi debat. Data sudah disiapkan untuk ditawarkan kepada masyarakat Jawa Timur. Tema debat kedua adalah soal Ekonomi dan Pembangunan.

Ketua tim Pemenangan pasangan nomor urut 1 (Khofifah-Emil), M Roziki menegaskan, bahwa kandidat nomor urut 1 sangat siap untuk menghadapi debat kandidat edisi kedua.

"Tentu kita sangat siap, kita sudah diskusi dengan tim, dengan melibatkan para ahli dan akademisi, untuk mempersiapkan debat kandidat mendatang," katanya.

Sementara Ketua Tim pasangan calon No urut 2, Hikmah Bafaqih, pasangan Gus Ipul-Putih juga sudah siap hadapi debat.

"Tapi kita harus lebih mematangkan konsep dasar dari pengembangan ekonomi Jawa Timur. Gus Ipul dan Mbak Puti sudah ketemu dengan para pakar ekonomi," akunya.

Diketahui, debat kandidat Pilgub Jatim 2018 kedua, akan disiarkan langsung oleh Metro TV dan Kompas TV.(*)

Jurnalis : Nasrullah
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration