Kesehatan

Tak Kalah dengan Jagung Kuning, Ini Manfaat Jagung Putih

Rabu, 02 Mei 2018 - 04:41 | 2.29m
Jagung Putih. (FOTO: Bukalapak)
Jagung Putih. (FOTO: Bukalapak)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda sudah pernah mendengar ada jagung berwarna putih? Bagi sebagian orang, jagung putih mungkin masih terdengar asing. Ya, jagung putih memang belum banyak dikenal layaknya jagung yang berwarna kuning. Namun ternyata, jagung putih sudah cukup banyak dibudidaya di Indonesia lho.

Jagung putih umum digunakan sebagai olahan masakan tradisional maupun tepung jagung putih olah masyarakat daerah Nusa Tenggara, Sulawesi, dan beberapa daerah di Jawa Tengah. Jagung putih juga kerap dijadikan alternatif makanan pokok. Sebenarnya apa itu jagung putih?

Dilansir dari Dokter Sehat, jagung putih merupakan varian jagung yang tidak memiliki pigmen warna atau karoten yang umumnya ada pada jagung berwarna kuning. Namun hal ini bukan berarti jagung putih menjadi jagung yang tidak bergizi.

Sama dengan jenis jagung lain, jagung putih juga memiliki banyak varian jenis dan berbagai kandungan zat gizi.

Dilansir dari Livestrong.com, berikut kandungan gizi dari jagung putih dan olahan dari jagung putih.

1. Sumber karbohidrat
Sama dengan jagung biasa yang merupakan sumber karbohidrat, jagung putih juga merupakan sumber karbohidrat yang baik. Satu setengah porsi jagung putih memiliki kandungan 40 gram karbohidrat yang membuat jagung putih menjadi pilihan tepat untuk pengganti nasi.

2. Mengandung protein, lemak dan serat
Tidak hanya karbohidrat, jagung putih juga memiliki kandungan protein dan lemak. Dalam satu setengah porsi jagung putih juga terdapat 4,5 gram serat yang termasuk cukup tinggi.

3. Kaya vitamin dan mineral
Dalam satu setengah porsi jagung putih terdapat 2,1 mg zat besi dan 1,1 mg zink. Kandungan vitamin B1 pada jagung putih dapat memenuhi 20 persen kebutuhan orang dewasa serta memiliki 15 mcg asam folat.

Kandungan gizi jagung putih tak kalah dengan jagung kuning. Berdasarkan penjelasan di atas, Anda tentu tidak ragu lagi akan manfaat jagung putih kan. Jika bosan dengan jagung kuning, Anda bisa mengganti dengan jagung putih. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES