Kesehatan

Yuk Jaga Kesehatan Paru-Paru dengan Makanan Ini!

Minggu, 09 Juni 2019 - 09:22 | 166.39k
Makan apel. (FOTO: Istimewa)
Makan apel. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga kesehatan paru-paru sangat penting. Langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah menghindari polusi. Selain itu, mengonsumsi makanan tertentu juga dapat menjaga kesehatan paru-paru. Apa sajakah makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru?

Inilah lima makanan yang paling baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru, dilansir dari Health.com:

1. Flaxseed
Biji rami ini memiliki kandungan asam omega-3 yang tinggi. Omega 3 telah diteliti memiliki kandungan yang baik untuk paru-paru. Selain itu kandungan magnesium yang tinggi pada flaxseed terbukti mampu merelaksasi otot di sekitar bronkus sehingga jalur pertukaran udara semakin lancar.

2. Kopi
Kandungan kafein pada kopi mampu memberi efek bronkodilator yang mampu meningkatkan aliran udara pada paru-paru. Kondisi ini tentu sangat baik untuk mendukung fungsi organ paru. Manfaat tersebut akan nampak setelah empat jam mengonsumsi kopi.

3. Wortel
Seperti yang kita ketahui wortel memiliki kandungan vitamin A dan betakaroten yang mampu berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan pada wortel mampu mendukung pencegahan berbagai penyakit termasuk pada paru-paru. Pigmen warna pada buah wortel disebut sangat baik dikonsumsi penderita asma.

4. Melon
Kandungan vitamin C pada buah melon mampu melawan radikal bebas. Sama seperti wortel, melon dianjurkan dikonsumsi untuk mengatasi kondisi asma.

5. Apel
Penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi apel lebih dari 3 butir dalam sehari memiliki risiko 32 persen lebih rendah mengalami gangguan pada paru-parunya misalnya asma. Selain itu kandungan antioksidan flavonoid yang memiliki senyawa khellin disebut mampu melancarkan aliran udara pada paru-paru.

Lima makanan dan minuman di atas bisa menjadi salah satu upaya untuk menjaga kesehatan paru-paru. Yuk, jaga kesehatan paru-paru dengan mengonsumsi makanan di atas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES