Kesehatan

Lelah Usai Olahraga, Yuk Konsumsi Makanan Ini!

Sabtu, 28 April 2018 - 06:15 | 35.77k
Olahraga Pagi (FOTO: Shutterstock)
Olahraga Pagi (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTAOlahraga memicu pemecahan protein dalam tubuh, sehingga setelah berolahraga tubuh menjadi kekurangan tenaga. Untuk mengembalikannya, tubuh membutuhkan waktu dan makanan sebagai pendukung. Apa saja makanan sehat yang baik dikonsumsi setelah olahraga? Berikut ulasannya.

1. Makanan kaya karbohidrat dan protein
Dilansir dari Men’s Fitness, Manuel Vilacorta, R.D., ahli gizi sekaligus juru bicara dari American Dietetic Association mengatakan bahwa karbohidrat dan protein merupakan dua hal yang penting yang dibutuhkan oleh tubuh setelah berolahraga, yaitu saat darah beredar dengan baik.

Karbohidrat membantu tubuh memaksimalkan sintesis protein dan glikogen yang telah digunakan selama berolahraga. Sementara protein yang mengandung asam amino membantu mempercepat pertumbuhan otot baru dan memperbaiki sel-sel otot yang mengalami kerusakan selama berolahraga.

 2. Makanan yang mengandung lemak
Dilansir dari Healthline, lemak membantu meningkatkan pertumbuhan otot setelah berolahraga. Kemudian, 45 persen energi pada tubuh juga berasal dari lemak. Beberapa makanan dan minuman yang mengandung lemak sehat yaitu alpukat, kacang-kacangan, dan susu sapi.

Selain makanan sehat di atas, Anda juga perlu memperhatikan asupan air selama olahraga. Air menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu proses pemulihan tubuh lebih baik setelah berolahraga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES