Kesehatan

Bisa Membuat Batuk Tambah Parah, Sebaiknya Hindari Makanan Ini!

Sabtu, 28 April 2018 - 03:34 | 151.21k
Tips mengatasi batuk (FOTO: iStock)
Tips mengatasi batuk (FOTO: iStock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat batuk, pilihan yang paling sering untuk membantu mengatasi keluhan adalah dengan minum obat batuk yang sesuai dengan jenisnya. Namun, selain obat Anda juga harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk mengatasi batuk. Hal ini karena beberapa makanan dan minuman dapat menyebabkan batuk semakin parah.

Lalu apa saja makanan yang harus dihindari saat batuk? Dilansir dari Klik Dokter, berikut adalah makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat batuk.

1. Makanan pencetus alergi
Batuk bisa menjadi salah satu gejala penyakit asma, yang dihubungkan dengan faktor alergi pada seseorang. Pada beberapa kasus, keparahan gejala asma berhubungan dengan makanan dan minuman pencetus alergi.

Beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari bila batuk Anda memang disebabkan asma, di antaranya adalah susu sapi, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

2. Susu dan produk olahan susu
Susu dan produk olahan susu dipercaya dapat merangsang pembentukan dahak pada saluran pernapasan. Faktanya, protein pada susu juga dapat merangsang pembentukan lendir di saluran pencernaan saat sedang dikonsumsi.

Jika Anda sedang mengalami batuk yang produktif, sebaiknya hindarilah asupan seperti susu beserta produk olahan yang berasal dari susu. Banyaknya lendir atau dahak yang terbentuk di saluran pernafasan, tentu dapat semakin merangsang batuk menjadi lebih sering.

3. Minuman berkafein
Kafein merupakan zat yang bersifat diuretik, sehingga akan merangsang pembentukan dan pengeluaran urine. Keadaan itu turut meningkatkan jumlah cairan yang keluar dari dalam tubuh.

Semakin banyak cairan yang keluar, tubuh akan kekurangan cairan, termasuk tenggorokan. Pada akhirnya, tenggorokan Anda akan terasa semakin kering ketika sedang batuk.

4. Makanan yang digoreng
Ketika Anda sedang dilanda batuk kering, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang digoreng. Sebab, makanan tersebut bisa menyebabkan tenggorokan menjadi semakin kering, tidak nyaman dan sakit.

Tak hanya itu, makanan yang digoreng dapat merangsang frekuensi batuk, pembentukan lendir dan menganggu rambut pembersih di tenggorokan, karena mengandung banyak minyak. Alhasil, dengan makan gorengan, batuk yang Anda alami akan menjadi semakin parah.

Itulah makanan yang sebaiknya dijauhi sebagai salah satu upaya untuk mengatasi batuk. Jika batuk sering kambuh atau tak kunjung sembuh hingga berminggu-minggu, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES