Peristiwa Daerah

Lamongan Rancang Job Market Fair di Tingkat Kecamatan

Rabu, 25 April 2018 - 15:09 | 21.14k
Para pencari kerja antre melihat-lihat daftar lowongan pekerjaan, di Balai Latihan Kerja, Lamongan, Rabu, (25/4/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Para pencari kerja antre melihat-lihat daftar lowongan pekerjaan, di Balai Latihan Kerja, Lamongan, Rabu, (25/4/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Pemerintah Kabupaten (PemkabLamongan, Jawa Timur, ingin membuat terobosan baru dengan membuka Job Market Fair, hingga di tingkat kecamatan.

Biasanya Job Market Fair di Kabupaten Lamongan dibuat di tingkat Kabupaten Lamongan saja. “Dari data jumlah Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Tahun 2017 yang 4,12 persen atau sebanyak 26.300 orang, kecamatan harus memiliki data sesuai wilayahnya,” ucap Bupati Lamongan Fadeli, Rabu (25/4/2018).

Keinginan itu, dikatakan Fadeli terutama bisa diterapkan untuk sejumlah kecamatan yang wilayahnya terdapat perusahaan, seperti Kecamatan Dekat dan Paciran.

“Camat bisa bekerjsama dengan perusahaan-perusahaan setempat, untuk membuat Bursa Kerja Terbuka mini tingkat kecamatan,” ujar Fadeli.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja Moh. Kamil mengungkapkan Job Market Fair Tahap I Tahun 2018 ini bekerjasama dengan 40 perusahaan. “26 perusahaan dari Lamongan dan sisanya berasal dari Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Jombang dan Rembang,” ujarnya.

Diungkapkan oleh Kamil, perusahaan tersebut bergerak pada bidang perbankan, galangan kapal, produksi makanan dan minuman, swalayan, alas kaki dan medis.

Moh. Kamil membeberkan, dari seluruh 40 perusahaan tersebut, membuka sebanyak 3.694 lowongan pekerjaan, yang terdiri dari 1.858 lowongan untuk laki-laki dan 1.836 perempuan.

Job Market Fair yang tiap tahun diadakan oleh Pemkab Lamongan ini bertujuan untuk mendekatkan perusahaan yang membutuhkan pekerja dengan para pencari kerja, sehingga dapat menurunkan jumlah TPT Kabupaten Lamongan,” tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES