Peristiwa

Uwika dan Komunitas Nol Sampah Kampanye Tas Ramah Lingkungan

Selasa, 24 April 2018 - 09:21 | 138.10k
Mahasiswa Uwika bekerjasama dengan Komunitas Nol Sampah Surabaya membagikan tas spoon ramah lingkungan di Car Free Day (CFD) Taman Bungkul Surabaya, Minggu (22/4/2018). (FOTO: Lely Yuana/ TIMES Indonesia)
Mahasiswa Uwika bekerjasama dengan Komunitas Nol Sampah Surabaya membagikan tas spoon ramah lingkungan di Car Free Day (CFD) Taman Bungkul Surabaya, Minggu (22/4/2018). (FOTO: Lely Yuana/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Berbagai kegiatan digelar saat KKN Universitas Widya Kartika (Uwika) Surabaya. Salah satunya untuk memaknai Hari Bumi yang jatuh tiap 22 April, mahasiswa Uwika bekerjasama dengan Komunitas Nol Sampah merampas tas dan membagikan tas spoon ramah lingkungan di Car Free Day (CFD) Taman Bungkul Surabaya, Minggu (22/4/2018). 

Rampas Tas ini ditujukan kepada para pengunjung CFD, dengan cara menukar tas/kantong plastik yang mereka pakai dan menggantinya dengan tas yang lebih ramah lingkungan. Tujuannya agar memberdayakan masyarakat Surabaya untuk lebih peduli terhadap dampak pencemaran lingkungan oleh limbah plastik terhadap keberlangsungan hidup.

Plastik yang sudah diambil lantas ditampung oleh Komunitas Nol Sampah guna dimanfaatkan kembali sebagai barang layak fungsi seperti bahan poster untuk kampanye. 

“Kegiatan tersebut merupakan upaya kampanye untuk merubah perilaku agar mengurangi penggunaan sampah plastik. Dengan cara mengganti tas plastik pengunjung dengan tas spoon yang bisa dipakai kembali,” terang Ary Dwi Jatmiko, sebagai Dosen Pembimbing Lapangan.

Jika dilihat, rata - rata per orang di Indonesia membuang hampir 700 kantong plastik per tahun. Jika Surabaya memiliki penduduk sekitar 3 juta jiwa, bisa dibayangkan 2,1 milyar kantong plastik yang dibuang tiap tahunnya oleh warga Surabaya. Sementara hanya kurang dari 10 persen yang bisa didaur ulang.

Kegiatan 'Rampas Tas' sebagai kampanye penggunaan tas ramah lingkungan sekaligus sebagai penutup rangkaian Kuliah Kerja Nyata (KKN) Uwika bekerjasama dengan Komunitas Nol Sampah Surabaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES