Gaya Hidup

5 Kebiasaan Ini Bisa Cegah Insomnia Lho

Selasa, 24 April 2018 - 04:24 | 18.58k
Insonmia. (FOTO: I Care Indonesia)
Insonmia. (FOTO: I Care Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada beberapa orang susah tidur dan mengalami insomnia setiap harinya. Insomnia cukup mengganggu siklus tidur dan juga aktivitas. Akibat kondisi ini seseorang jadi sering mengantuk di siang hari dan badan selalu merasa lemas. Kalau Anda tidak ingin mengalami kondisi seperti ini, coba lakukan 5 kebiasaan baik di bawah ini untuk mencegah insomnia, seperti dilansir dari Dokter Sehat.

1. Mandi dengan air hangat
Setelah pulang kerja dan tubuh merasakan lelah, coba lakukan relaksasi sejenak dengan mandi air hangat. Tubuh yang terkena air hangat akan relaks. Anda bisa berendam selama beberapa saat hingga tubuh merasa nyaman. Saat tubuh sudah merasakan nyaman, kantuk akan perlahan-lahan datang.

2. Hindari pengganggu kantuk
Terkadang insomnia tidak hanya terjadi karena Anda memang tidak bisa tidur. Insomnia juga bisa terjadi karena ada pengganggunya. Saat Anda sudah mengantuk lalu bermain ponsel, komputer, atau melihat televisi, rasa kantuk akan mereda karena merasa asyik.

3. Makan malam yang benar
Apa yang dicerna oleh tubuh memengaruhi kondisi kantuk. Kalau ingin tidur dengan cepat jangan mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti gula. Selanjutnya hindari juga gorengan yang sangat berminyak.

4. Berjemur di pagi hari
Berjemur di pagi hari dan mengikuti pola atau siklusnya bisa membuat kita mudah tidur. Misal kita bangun saat pagi, bekerja, dan berhenti saat matahari terbenam. Kalau banyak lembur di malam hari bisa sebabkan gangguan pola tidur.

5. Buat suasana kamar jadi nyaman
Buat sauna kamar menjadi nyaman. Atur kamar dengan meredupkan lampu, memberi wangi tertentu hingga menggunakan cat tembok dengan warna tertentu.

Itulah lima hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah insomnia. Semoga lima hal di atas bermanfaat untuk Anda yang alami insomnia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES