Pendidikan

Komputer Error Warnai Hari Pertama UNBK di Lamongan

Senin, 23 April 2018 - 14:35 | 22.32k
Para siswa SMPN 5 Lamongan, hanya memandangi komputer yang eror, Senin, (23/4/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Para siswa SMPN 5 Lamongan, hanya memandangi komputer yang eror, Senin, (23/4/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) digelar serentak, Senin, (23/4/2018). Pengalaman menegangkan pun dirasakan sejumlah siswa. 

Pengalaman mendebarkan berlangsung di beberapa sekolah tingkat SMP di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Apa sebab, masih saja ditemukan komputer error saat pelaksanaan dimulai, meski telah menjalani beberapa kali persiapan sebelum UNBK digelar.

Data yang berhasil dihimpun, UNBK di ruang ujian terkendala masalah teknis seperti dialami SMPN 5, SMPN 1, SMP 3 yang masing-masing error di satu ruangan. Sementara SMPN 4, mengalami error di dua ruangan dan SMPN Turi mengalami error selama 1 jam di tiga ruang.

“Benar terjadi error,” kata Kepala Sekolah SMPN Turi, Idris, Senin, (23/4/2018).

Gagal online UNBK tersebut terjadi saat jam ujian pertama dimulai, yakni Bahasa Indonesia. Diduga disebabkan server milik pusat yang tidak bisa diakses. “Kemungkinan penyebabbya server, kemungkinan di pusat, karena bukan 1 kecamatan saja,” ucap Idris.

Atas kondisi pelaksaan UNBK di tingkat SMP, Ia hanya bisa pasrah, seraya menunggu server online kembali, sementara para siswa lebih banyak diam di kelas. "Kita mau gimana lagi kalau error,” ujar Idris. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES