Kamis, 13 Desember 2018
Peristiwa - Daerah

Banyuwangi Buka Wisata Kuliner Kampung Gurami

Banyuwangi Buka Wisata Kuliner Kampung Gurami Wabup Yusuf membakar ikan gurami. (FOTO: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Minggu, 22 April 2018 - 21:25

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Bagi penggemar masakan ikan, khususnya ikan air tawar, silakan berkunjung ke Banyuwangi. Kini, di Banyuwangi telah diresmikan Resto Pawon di Kampung Gurami yang berlokasi di Desa Sukamaju, Kecamatan Srono, Banyuwangi. Para pengunjung, bisa menikmati berbagai olahan ikan gurami langsung di pawon (dapur) rumah penduduk. 

Resto Pawon dan Kampung Gurami ini diresmikan Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, Minggu (22/4/2018). Yusuf mengatakan, dibentuknya Kampung Gurami ini sebagai upaya mengembalikan kejayaan Desa Sukamaju sebagai penghasil gurami. Sebab, di era tahun 90-an, desa ini pernah dikenal sebagai sentra gurami, namun meredup di tahun 2004 lantaran banyak yang gulung tikar karena pemasaran yang kurang baik. 

“Dengan dijadikan sebagai Kampung Gurami, harapan kami kejayaan pembudidaya gurami di sini bisa tumbuh kembali seperti dulu, bahkan lebih meningkat lagi,”  harap Yusuf.

Ditambahkan Yusuf, para petani ikan ini akan didampingi Dinas Perikanan dan Pangan (Disperipangan) untuk pengembangan budidayanya. 

"Dengan mengawinkan konsep budidaya dengan pariwisata, Insha Allah usaha gurami di sini akan terus berkembang. Apalagi, masyarakat di sini punya modal semangat yang tinggi. Ini bagus untuk peningkatan perekonomian warga ke depan,” jelas Yusuf.

Di Kampung Gurami ini, pengunjung bisa melihat bagaimana budidaya gurami dikembangkan. Sekaligus, pengunjung juga bisa konsultasi langsung dengan pembudidaya ikan disini. 

Jurnalis : Syamsul Arifin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration