Peristiwa Daerah Kartini Zaman Now

Ini Kata Bupati Jember Tentang Hari Kartini Zaman Now

Sabtu, 21 April 2018 - 16:42 | 37.64k
Bupati Faida membagikan bantuan kepada perempuan lansia saat peringatan Hari Kartini. (FOTO: Istimewa)
Bupati Faida membagikan bantuan kepada perempuan lansia saat peringatan Hari Kartini. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Hasil karya dan cipta kaum perempuan harus terus berjalan. Kaum perempuan, khususnya di Kabupaten Jember, harus bersatu padu, saling bergandeng tangan untuk terus berjuang, berkreasi, dan berinovasi. itulah nilai-nilai RA Kartini di Hari Kartini, yang harus dijalankan untuk sosok Kartini Zaman Now

“Pada akhirnya, akan mengantarkan sebagai bangsa dan masyarakat yang maju dan sejahtera,” ujar Bupati Jember dr Faida dalam peringatan Hari Kartini di Balai Serbaguna Kaliwates, Jember, Sabtu (21/4/2018).

Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief juga tampak dalam upacara itu, bersama sejumlah kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Jember yang memakai pakaian adat. Peserta upacara juga berasal dari siswa sekolah dan karyawan Pemkab Jember.

Selain upacara, peringatan ini dimeriahkan dengan lomba penyajian makanan sehat, pameran produk lokal, pelayanan adminduk, dan pelayanan kesehatan.

Faida mengatakan bahwa Raden Ajeng Kartini sebagai salah satu tokoh pejuang emansipasi wanita.

“Mengantarkan kaum wanita Indonesia menuju kehormatan, hak- hak keadilan di tengah tengah kehidupan modern,” ungkap perempuan pertama Bupati Jember ini.

Semenjak emansipasi dicetuskan, kaum wanita tidak lagi dipandang sebelah mata. Wanita lebih dihargai dan lebih dihormati, dan dapat ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan nasional.

Wanita sekarang, masih menurut Faida, sudah mampu berkarir sejajar dengan kaum pria. Hal ini menunjukkan bangsa Indonesia, khususnya wanita, benar benar telah menyadari betapa pentingnya peranan wanita dalam menegakkan kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat.

“Perempuan adalah pencetak generasi bangsa. Orang pertama pendidik tunas tunas bangsa. Dan, bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu melahirkan generasi penerus yang berkualitas dan mandiri,” ujarnya.

Bupati berharap kaum wanita di Kabupaten Jember tidak hanya berdiam diri, berpangku tangan, menyerah pada keadaan.

Namun sebaliknya, wanita berperan aktif dalam proses pembangunan di segala bidang sesuai kemampuan masing-masing.

Merujuk pada perjuangan Kartini, Faida tidak menghendaki wanita untuk puas dan berbangga diri dengan apa yang dicapai.

Masih banyak yang harus dihadapi dan diselesaikan di masa yang akan datang. Dengan bekerja keras dan cerdas diharapkan terlahir Kartini Kartini baru yang mandiri, tangguh, memiliki daya saing, sehingga siap menghadapi tantangan di era globalisasi dan tidak meninggalkan kodratnya sebagai wanita.

Bupati juga mengajak, segenap kaum wanita di Kabupaten Jember untuk lebih meningkatkan peran dan kinerjanya masing masing, seirama semangat juang Ibu Kartini.

“Menjadi baik terkadang memang harus berbeda dengan yang lain, dan tidak selamanya harus selalu sama, seide dan sependapat. Justru ketika kita memiliki perbedaan, maka kemajuan itu akan diperoleh. Begitu juga dengan Ibu Kartini, yang berbeda dengan kaum perempuan lain di zamannya. Tidak perlu takut dengan perbedaan. itulah Kartini Zaman Now,” tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES