Minggu, 23 September 2018
Peristiwa

Awas! Kontruksi Jembatan Pajarakan Sama dengan Jembatan Babat

Awas! Kontruksi Jembatan Pajarakan Sama dengan Jembatan Babat Jembatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Jum'at, 20 April 2018 - 15:03

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kontruksi jembatan nasional yang membentang di jalur pantura Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, ternyata sama dengan jembatan Babat-Widang yang ambruk di Tuban, beberapa hari lalu.

Hal ini diungkapkan Apriyanto, staf dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Jatim, saat melakukan survey ke sejumlah jembatan nasional di Kabupaten Probolinggo, Jumat (20/4/2018).

Ia mengatakan, rangka kontruksi bajanya sama persis dengan jembatan yang di Tuban. Dan kondisi jembatan itu jika dihitung dari usianya juga sudah cukup tua. Namun masih cukup layak untuk dilalui kendaraan besar.

“Hanya saja bedanya, jembatan di Pajarakan ini buatan Autrali pada tahun 1993. Sedangkan jembatan di Tuban dibangun pada tahun 1983,” jelasnya.

Menurutnya, kelebihan jembatan Pajarakan terdapat lapisan plat baja pada bagian atas jembatan tepatnya di bawah beton aspal yang melintang secara horizontal. Sedangkan dua jembatan lainnya, yakni di Semampir Kraksaan dan Paiton, itu tanpa menggunakan plat baja, sama seperti jembatan yang di Tuban.

“Sesuai dengan pengecekan kami, kondisi tiga jembatan di Kabupaten Probolinggo, ini masih cukup aman. Hanya tinggal perawatan saja dan pengecekan secara berkala untuk jembatan Pajarakan, Semampir Kraksaan dan Paiton,” terang Apriyanto. (*)

Jurnalis : Dicko W
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration