Rabu, 19 September 2018
Peristiwa - Daerah

PKH Kabupaten Probolinggo Gelar Bimtek FDS Mandiri

PKH Kabupaten Probolinggo Gelar Bimtek FDS Mandiri Bimtek FDS Mandiri PKH Kabupaten Probolinggo yang dilaksanakan di Kecamatan Krejengan (FOTO: Istimewa)
Kamis, 19 April 2018 - 20:49

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Paguyuban pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menggelar bimtek Family Development Session (FDS/Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga) sacara mandiri untuk pendamping.

Bimtek dilaksanakan bertahap hingga akhir bulan nanti. Pendamping yang telah menjalani Diklat FDS dari Kementerian Sosial RI, menjadi pelatih bagi pendamping lain yang belum ikut Diklat FDS.

"SDM yang sudah ikut Diklat 70-an orang. Sedangkan jumlah SDM di Kabupaten Probolinggo sebanyak 272 orang," kata Koordinator PKH Kabupaten Probolinggo, Fathurrozi Amien, Kamis (19/4/2018).

Pasca bimtek mandiri ini, seluruh SDM PKH diharapkan lebih kompeten melakukan FDS bersama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang didampingi.

"Sambil lalu menunggu panggilan diklat, jika ada panggilan diklat FDS tersebut," kata Ketua Paguyuban Pendamping PKH Kabupaten Probolinggo, Masyhudi Obex kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id). 

Lewat FDS, pola pikir dan perilaku KPM PKH diharap berubah. Perubahan pola pikir ini diharapkan dapat mengangkat peserta dari kemisikinan. Dengan FDS pula, peserta tidak saja diberi ilmu oleh pendamping, tapi juga motivasi. 

Ilmu dan motivasi yang dimaksud, diantaranya pada bidang pengasuhan anak; pengelolaan ekonomi keluarga yang meliputi pengelolaan keuangan keluarga dan pengembangan usaha keluarga); bidang gizi dan kesehatan; serta perawatan lansia, dan disabilitas.

Sebagai informasi, KPM PKH Kabupaten Probolinggo tercatat sekitar 85.009 dan tersebar di 24 kecamatan. Mereka merupakan keluarga kurang mampu yang memiliki salah satu dari komponen yang telah ditetapkan.

Meliputi komponen ibu hamil, balita, anak pra sekolah, anak sekolah (SD sampai SMA/sederajat), lansia, serta komponen disabilitas. Lewat FDS, KPM PKH Kabupaten Probolinggo ini diharap keluar dari kemiskinan. (*)

Jurnalis : Muhammad Iqbal
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration