Peristiwa Daerah

Ini Tiga Indikator Pemilu Sukses Versi Kapolres Malang

Rabu, 18 April 2018 - 18:11 | 47.20k
Kapolres Malang dalam acara pertemuan seluruh komponen masyarakat yang diselenggarakan Bawaslu Kabupaten Malang (FOTO:Istimewa/ TIMES Indonesia)
Kapolres Malang dalam acara pertemuan seluruh komponen masyarakat yang diselenggarakan Bawaslu Kabupaten Malang (FOTO:Istimewa/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGKapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung punya pandangan menarik tentang indikator kesuksesan pemilu. Menurutnya, ada tiga indikator pemilu dikatakan sukses. Yakni tingkat partisipasi tinggi, tahapan berjalan aman, dan angka sengketa kecil.

Hal itu diungkapkan YS Ujung dalam acara pengawasan partisipatif kepada pemilih pemula dan tokoh masyarakat serta Ormas se Kabupaten Malang dalam Pileg dan Pilpres 2019 yang diselenggarakan oleh Panwaslu Kabupaten Malang, Rabu (18/4/2019) siang.

Kapolres mengatakan, polisi bersama seluruh stakeholder masyarakat memiliki peran sentral untuk menjamin Pemilu 2019 berjalan sukses.

"Tujuan utama dari semua kegiatan organisasi dan masyarakat di negara ini adalah mensejahterakan masyarakat. Termasuk pemilu sejatinya tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat," katanya.

Kalau dalam proses pemilu berakibat tidak aman maka justru akan kontraproduktif karena untuk mencapai sejahtera prasyarat utamanya adalah kondisi aman.

"Untuk itu dalam proses pemilu ini mari bersama2 kepolisian menjaga keamanan. Butuh dukungan dan bantuan seluruh stake holder termasuk ormas se Kabupaten Malang," tegasnya.

Dikatakan Yade, polisi dalam konteks pemilu berkomitmen untuk netral. "Kepentingan kami hanya di bidang keamanan," ujarnya.

Polri, kata dia, dalam mengamankan pemilu (pilkada, pileg dan pilpres) telah melakukan berbagai upaya untuk "mengkondisikan" agar pemilu berjalan aman. Antara lain dengan pendekatan dan silaturahmi ke tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh politik dan sebagainya.

"Kami selalu mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan, menjaga setiap tahapan pemilu berjalan baik, berkoordinasi dengan seluruh penyelenggara pemilu, memetakan potensi2 kerawanan dan lainnya yang semua itu perlu dukungan masyarakat untuk menciptakan pemilu berjalan sejuk aman dan damai," katanya lagi.

Dalam terminologi Polri, tegas Yade, dikenal "Asta Siap" yakni siap personel, siap pilun, siap anggaran, siap latpraops, siap posko, siap sarpras, siap kondisi kamtibmas dan siap masyarakat. Jadi semua stake holder harus bersama2 untuk wujudkan itu. Pola ini bisa dipakai juga oleh teman
-teman penyelenggara pemilu lain dari KPU dan panwaslu serta unsur masyarakat lainnya.

Di akhir acara itu dilaksanakan Deklarasi Bersama Lintas Ormas se Kabupaten Malang untuk mendukung Pemilu Sukses Berjalan Sejuk Aman dan Damai. Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung juga berharap tiga indikator kesuksesan pemilu bisa terlaksana di Kabupaten Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES