Peristiwa Daerah

Pemkab Jember Perhatikan Kesehatan Balita Stunting

Kamis, 12 April 2018 - 14:44 | 35.33k
Bupati Jember Faida saat memberikan paparan di Poltekes Malang Prodi Jember. (FOTO: Angga/TIMES Indonesia)
Bupati Jember Faida saat memberikan paparan di Poltekes Malang Prodi Jember. (FOTO: Angga/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Masalah kurang gizi atau stunting merupakan masalah yang sering terjadi pada anak-anak di Kabupaten Jember, Jawa Timur. 

Pemerintah Kabupaten Jember serius mengatasi masalah kesehatan tersebut, yang sering terjadi pada anak-anak dengan memberikan jaminan kesehatan.

Bupati Jember Faida mengatakan, Kabupaten Jember masuk dalam kategori kuning dengan jumlah penduduk yang cukup besar. Maka urusan ini menjadi penting, dan nantinya akan diberikan jaminan kesehatan bagi mereka.

"Jumlah penduduk penduduk kita besar, maka dari itu lngkah pertama yang diambil melalui Peraturan Bupati (Perbup) dengan APBD diperuntukan agar balita di Jember dapat jaminan kesehatan," ujarnya saat mengunjungi acara di Poltekes Malang Prodi Jember, Kamis (12/4/2018).

Faida.jpg

Pelayanan kesehatan yang diberikan menurut Faida, bila ada balita yang belum mendapatkan asuransi akan diberikan BPJS Kesehatan dengan melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Balita stunting butuh perhatian untuk maka perlu diberikan jaminan dan pelayanan kesehatan," imbuhnya.

Selain itu juga, Pemerintah Kabupaten Jember bersama Poltekes Malang Prodi Jember dan DPR RI Komisi 9 bersinergi untuk terus mensosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat.

"Hidup sehat terus disosialisasikan agar masyarakat bisa mengerti bagimana hidup sehat yang seharusnya," tuturnya.

Poltekes-Malang-Prodi-Jember.jpg

Indikator keberhasilannya menurut Faida, dapat dilihat dari perubahan pola hidup masyarakat yang terhindar dari penyakit menular dan tidak menular.

"Jadi masyarakat harus makan sayur dan buah sebagai langkah menjaga pola hidup sehat," tambahnya.

Bupati perempuan pertama di Jember ini menambahkan, di setiap desa dan kecamatan harus terus menggerakkan terselenggara senam sehat. Untuk instrukturnya akan diberikan honorium oleh Bupati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES