Senin, 17 Desember 2018
Peristiwa - Daerah

Asosiasi BPD: Perbup sudah diterbitkan, PTSL Harus Berjalan Sukses

Asosiasi BPD: Perbup sudah diterbitkan, PTSL Harus Berjalan Sukses Ketua Asosiasi BPD Kabupaten Banyuwangi, Rudi Hartono Latief (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Kamis, 12 April 2018 - 12:33

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Tanggal 26 Maret 2018 kemarin, akhirnya Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengeluarkan peraturan bupati (Perbup) tentang pembiayaan persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Dalam Perbub tersebut dijelaskan bahwa biaya untuk program tersebut dibebankan kepada masyarakat.

Sebagai lembaga yang selama ini cukup getol mendesak percepatan penerbitannya, Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Banyuwangi mengapresiasi terbitnya Perbub ini.

"Dengan sudah diberlakukannya Perbup tersebut, program PTSL sudah bisa berjalan tanpa hambatan dan sukses. Rakyat segera bisa mengurus sertifikat dengan sangat murah dan cepat" ujar Rudi Hartono Latif, Ketua Asosiasi BPD Banyuwangi, Kamis (12/4/2018).

Menurut Rudi, terbitnya Perbup wujud nyata komitmen Bupati Abdullah Azwar Anas beserta jajaran Pemkab Banyuwangi, dalam melaksanakan program pro rakyat pemerintah pusat yang menjadi salahsatu andalan Presiden Jokowi.

"Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada DPRD khususnya kepada Ketua DRPD Made Cahyana Negara dan Ketua Komisi I Ficki Septalinda yang selama ini telah sangat akomodatif dalam menerima aspirasi rakyat melalui beberapakali hearing dan audiensi yang diprakarsai oleh Asosiasi BPD," jelasnya.

Rudi berharap perdebatan masalah besaran biaya persiapan PTSL dihentikan, karena ini sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui SKB 3 Menteri dan dipertegas pembebanannya kepada masyarakat pemohon sertifikat dengan Perbup dengan adanya perbub ini.

"Kalau masih ada Kades atau Lurah yang merasa biaya Rp 150 ribu terlalu murah dan tidak cukup kemudian enggan memfasilitasi pelaksanaan program ini di desanya, berarti patut dipertanyakan komitmen pengabdiannya kepada rakyat," tegasnya.

Jurnalis : Erwin Wahyudi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration