Peristiwa Daerah

PKK Desa Kaliploso Banyuwangi Rintis Rumah Pangan Lestari

Minggu, 01 April 2018 - 07:25 | 243.39k
Anggota PKK Desa Kaliploso, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, saat merintis program Rumah Pangan Lestari. (FOTO: Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)
Anggota PKK Desa Kaliploso, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, saat merintis program Rumah Pangan Lestari. (FOTO: Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pemerintah Desa Kaliploso, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur, terus menelurkan program-program segar demi mendorong kesejahteraan masyarakat. Yang terbaru, melalui Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), mereka merintis Rumah Pangan Lestari (RPL).

“Program ini sebenarnya sudah tidak asing bagi masyarakat pedesaan, hanya saja belum terkoordinir dengan baik, kini pemerintah desa akan turun langsung melalui PKK untuk melakukan pembinaan, sehingga akan lebih memberi manfaat, produktif serta mampu membentu perekonomian keluarga,” ucap Kepala Desa (Kades) Kaliploso, Rudi Hartono, Minggu (1/4/2018).

Program RPL, lanjutnya, adalah pemanfaatan pekarangan rumah penduduk untuk penyediaan bahan pangan secara berkesinambungan. Salah satu contoh, pekarangan yang kosong ditanami cabe, umbi atau sayur mayur. Dengan begitu, masyarakat bisa mendapat tambahan penghasilan atau mengurangi pengeluaran belanja jenis tersebut.

“Juga bisa ditanami tanaman obat, buah-buahan dan lainnya, yang kemudian hari bisa menghasilkan,” imbuh Rudi.

Selain pekarangan rumah, RPL juga bisa diterapkan dengan pemanfaatan pagar hidup, jalan desa hingga fasilitas umum. Seperti pekarangan sekolah, rumah ibadah, ruang terbuka hijau dan lainnya.

Rencananya, rintisan program RPL ini akan terus digenjot. Dengan begitu, Desa Kaliploso bisa menjadi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

“Kami optimis program ini akan berjalan dengan baik di Desa Kaliposo, selain karena memiliki perangkat desa yang giat dan peduli, masyarakat juga sudah terbiasa memanfaatkan perangan rumah,” pungkas Kades Kaliploso.

Guna memuluskan program, PKK Desa Kaliploso, berkomitmen akan terus mendampingi dan memberi pembinaan kepada masyarakat. Termasuk dalam sharing pola pengelolaan lahan hingga membantu pemasaran jika dibutuhkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES