Gaya Hidup

Tips Mudah Mengatasi Lemas karena Begadang

Minggu, 01 April 2018 - 06:18 | 358.81k
ILUSTRASI - Tips Mengatsai lemas karena begadang (FOTO: Hello Sehat)
ILUSTRASI - Tips Mengatsai lemas karena begadang (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu gaya hidup tidak sehat yang masih banyak dijalankan orang adalah begadang. Jam tidur yang kurang dan tidak teratur membuat waktu istirahat Anda menjadi berantakan juga. Tak jarang, begadang juga membuat tubuh terasa lemas. Lalu adakah kiat untuk mengurangi keluhan lemas akibat begadang?

Dilansir dari Klik Dokter, berikut tips mudah dan praktis mengatasi lemah karena begadang.

1. Cukupi Kebutuhan Cairan
Salah satu penyebab badan lemas adalah kurangnya cairan atau minum air. Sering kali ketika Anda begadang, asupan cairan menjadi kurang dan tidak cukup. Bagaimana Anda tahu bahwa kebutuhan cairan Anda sudah cukup?

Jika jumlah urine Anda menjadi lebih sedikit dan berwarna lebih pekat, ini artinya Anda perlu lebih banyak minum. Begitu juga bila badan Anda lemas dan sulit berkonsentrasi. Berbagai tanda ini bisa menjadi petunjuk bahwa Anda kekurangan cairan dan6 membutuhkan tambahan cairan.

2. Rutin Berolahraga
Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga agar tubuh Anda tetap sehat dan fit sepanjang hari. Jika Anda tidak berolahraga secara rutin, maka tubuh rentan sakit, apalagi jika Anda pekerja yang kerap begadang.

Biasakanlah berolahraga dengan frekuensi tiga kali seminggu dengan porsi waktu 30 menit setiap berolahraga. Jika Anda rutin berolahraga, tubuh pun akan terasa lebih segar.

3. Hindari Makanan Tidak Sehat
Jika Anda sering begadang dan menghabiskan waktu malam untuk bekerja, perhatikanlah asupan makanan. Sebelum melahap suatu makanan, pikirkan apakah makanan tersebut baik untuk tubuh Anda? Tak hanya jenis makanannya yang perlu dicermati, jumlah atau porsinya juga penting.

Begadang identik dengan jajan dan makan berbagai camilan yang tidak sehat. Karena itu, hindari berbagai asupan yang dapat merugikan kesehatan, seperti gorengan, minuman dengan pemanis buatan, dan minuman dengan kandungan kafein yang terlalu banyak.

4. Berjemur di Bawah Matahari
Ketika Anda mendapatkan kesempatan untuk bangun pada pagi hari, sempatkan diri untuk berjemur dan menikmati sinar matahari pagi. Anda dapat sekadar berjemur atau berjalan pagi hari selama 30 menit.

Berjemur dapat membantu Anda menstabilkan ritme sirkadian diri Anda, sehingga tidur dapat menjadi nyenyak pada malam harinya. Berjemur juga baik untuk menjaga kadar vitamin D tubuh Anda, karena aktivasi vitamin D memerlukan sinar matahari. Vitamin D penting untuk penyerapan kalsium yang penting untuk kesehatan tubuh Anda.

Jika sering merasa badan lemas karena begadang, cobalah untuk melakukan 4 hal di atas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES