Gaya Hidup

Cegah Obesitas pada Anak dengan Cara Ini

Minggu, 01 April 2018 - 04:18 | 42.03k
ILUSTRASI - Tips mencegah Obesitas pada anak (FOTO: Familyspy)
ILUSTRASI - Tips mencegah Obesitas pada anak (FOTO: Familyspy)

TIMESINDONESIA, JAKARTAObesitas tak hanya dialami orang dewasa. Pada anak-anak, kasus obesitas sudah mulai banyak terjadi. Sama halnya pada orang dewasa, obesitas pada anak juga memiliki dampak buruk. Karena itu penting untuk memperhatikan asupan makanannya agar tidak menjadi anak obesitas. Bagaimana caranya?

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, ada tiga cara yang dapat kita terapkan untuk mencegah anak mengalami obesitas. Berikut ulasannya.

1. Membiasakan Sarapan
Sarapan akan memberikan energi setelah 8 jam sebelumnya perut kosong saat tidur. Anak yang tidak sarapan justru akan lebih merasa lapar saat siang hari. Hal ini akan menyebabkan anak berisiko memilih jajanan tidak sehat, yang tinggi kalori dan gula saat di sekolah. Dengan membiasakan anak sarapan maka risiko obesitas juga dapat dicegah.

2. Biasakan Makan di Rumah
Kerap mengajak anak makan di restoran dapat menyebabkan anak berisiko obesitas. Hal ini disebabkan porsi makan anak di restoran umumnya sama dengan porsi orang dewasa sehingga asupan kalori anak juga menjadi berlebihan. Jika anak lebih banyak makan di rumah, maka kita bisa mengatur seberapa banyak porsi makan anak sesuai dengan kebutuhannya.

3. Atur Porsinya
Anak memang membutuhkan banyak zat gizi untuk mendukung tumbuh kembangnya, namun bukan berarti anak harus makan dalam porsi yang berlebihan. Jika anak terbiasa mengonsumsi porsi makan yang sama dengan orang dewasa maka kini berikan porsi khusus untuk anak sesuai dengan usia dan tinggi serta berat badannya.

Itulah tips untuk mencegah obesitas pada anak. Jika terhindar dari obesitas, anak juga berkembang dengan optimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES