Kesehatan

Terlalu Banyak Protein Sebabkan Susah BAB, Benarkah?

Minggu, 01 April 2018 - 02:23 | 266.49k
ILUSTRASI - Susah buang air besar (FOTO: urbanclap)
ILUSTRASI - Susah buang air besar (FOTO: urbanclap)

TIMESINDONESIA, JAKARTAProtein memang dibutuhkan tubuh. Seseorang yang melakukan program diet bahkan mengonsumsi protein dalam jumlah besar. Namun, ternyata kebiasaan ini justru dapat menyebabkan masalah pada tubuh. Salah satunya adalah susah buang air besar (BAB).

Dikutip dari Men’s Health, susah BAB karena terlalu banyak mengonsumsi protein ini biasanya disebabkan oleh pemilihan asupan protein yang tidak tepat.

Protein kerap dikaitan dengan bahan makanan hewani. Padahal, daging hewan sama sekali tidak memiliki kandungan serat. Terlalu banyak mengonsumsinya akan membuat pencernaan sangat lambat sehingga proses buang air besar juga akan terganggu. Apalagi jika asupan serat harian kita cenderung biasa saja.

Untuk mencegah susah BAB, disarankan mengonsumsi protein nabati yang juga bisa menyediakan asupan serat. Misalnya seperti edamame, kacang hitam, kacang merah, buncis, dan kacang-kacangan lainnya. Tak hanya membuat asupan protein lebih banyak, kita juga mendapatkan asupan serat yang cukup untuk membantu proses pencernaan tetap lancar.

Selain mengonsumsi beberapa makanan tersebut, pastikan pula untuk selalu mencukupi kebutuhan asupan air putih harian dan banyak-banyak mengonsumsi sayuran hijau.

Itulah alasan mengapa terlalu banyak protein bisa sebabkan susah buang air besar. Kangan terburu-buru minum obat pencahar saat susah BAB. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh konsumsi protein! kita yang tidak tepat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES