Wisata

Tiket Online dan Gelang Wisata Gunung Bromo Mulai Efektif Besok

Sabtu, 31 Maret 2018 - 20:59 | 50.37k
View point Gunung Bromo dari Seruni Point (FOTO: Yulius for TIMES Indonesia)
View point Gunung Bromo dari Seruni Point (FOTO: Yulius for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Pemesanan (booking) tiket online dan tiket gelang bagi wisatawan Gunung Bromo, Jawa Timur, akan diterapkan secara bertahap mulai Minggu (1/4/2018).

"Tahap sosialiasi (tiket online, Red) mulai besok, berlaku 50 persen, belum semua. Juli nanti sudah 100 persen," kata Kepala Seksi Wilayah 1 Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Sarmin, Sabtu (31/3/2018).

Selain pemesanan tiket online dan penggunaan tiket gelang, pembatasan kuota wisatawan di setiap destinasi wisata Gunung Bromo, juga berlaku efektif mulai besok.

Untuk bukit Teletubbies, kuota yang ditetapkan sebanyak 3.199 pengunjung/hari. Bromo-lautan pasir sebanyak 5.806 pengunjung/hari. View point Penanjakan sebanyak 892 pengunjung/hari. Bukit Kedaluh (Bukit Kingkong) sebanyak 434 pengunjung/hari. Sementara Bukit Cinta sebanyak 141 pengunjung/hari.

Penetapan kuota ini, didasarkan pada kajian daya dukung yang dilakukan 2017. Dan telah dituangkan dalam Berita Acara Kesepakatan Bersama Rapat Koordinasi Pelaku Jasa Wisata Alam Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Januari lalu.

Sarmin mengatakan, penerapan kebijakan terus akan terus dievaluasi. Kebijakan tiket gelang misalnya, akan dipantau apakah akan menambah kemacetan di pintu masuk kawasan TNBTS atau tidak.

Sebab dengan kebijakan tersebut, petugas masih harus memasangkan tiket ke lengan wisatawan. "Saat ini saja (hanya membagikan tiket, tanpa memasangkan ke lengan, Red) sudah sering macet," sebutnya.

Kebijakan booking tiket online dan penggunaan tiket gelang di kawasan Gunung Bromo ini, merupakan upaya meningkatkan layanan terhadap wisatawan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES