Peristiwa Nasional

Menteri ESDM Targetkan Flores NTT Miliki Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal

Sabtu, 31 Maret 2018 - 11:42 | 46.84k
Pembangkit listrik energi panas bumi (geothermal). (FOTO: industry)
Pembangkit listrik energi panas bumi (geothermal). (FOTO: industry)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menargetkan, wilayah Pulau Flores, NTT akan memiliki pembangkit listrik energi panas bumi (geothermal) dalam 5 tahun ke depan.

"Sekarang ada pembangunan pembangkit geothermal sedang berjalan di beberapa tempat di Pulau Flores, kalau semua ini berjalan lancar ditargetkan dalam lima tahun atau tujuh tahun Pulau Flores bisa memiliki pembangkit listriki energi panas bumi sendiri," kata Menteri Ignasius Jonan kepada wartawan di Larantuka, Sabtu (31/3/2018).

Jonan menjelaskan, berdasarkan kajian geologi, Pulau Flores memiliki banyak lokasi potensial penghasil sumber energi terbarukan bersumber dari panas bumi (geothermal). 

Karena itulah, sambung dia, pihaknya telah menugaskan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk mengembangkan energi panas bumi tersebut. salah satunya di Mataloko, Kabupaten Ngada NTT. 

"Di Mataloko ini yang sudah lama terbengkalai namun sekarang sudah mulai berjalan, sudah pengeboran, dan sebagainya," katanya.

Data yang diperoleh dari PLN Wilayah NTT terkait rencana program pengembangan pembangkit listrik tenaga energi baru terbarukan sesuai RUPTL 2017-2016 menyebutkan kapasitas energi panas bumi yang dikembangkan di Mataloko, Kabupaten Ende, mencapai 20 mega watt (MW).

Secara keseluruhan, Pulau Flores memiliki kapasitas potensi panas bumi mencapai 115 MW di antaranya menyebar di Waisano Kabupaten Manggarai Barat sebesar 10 MW, Ulumbu dan Lesugolo Kabupaten Manggarai dengan total 45 MW.

Selain itu, Mataloko Kabupaten Ngada 20 MW, Sokaria Kabupaten Ende 30 MW, Oka Ile Ange Kabupaten Flores Timur 10 MW.

Jonan menegaskan kembali kalau semua pengembangan potensi energi panas bumi ini berjalan lancar maka dalam lima hingga tujuh tahun mendatang, Pulau Flores bisa memiliki sumber pembangkit panas bumi sendiri. Hal tersebut adalah tekad dari Kementerian ESDM untuk Pembangkit Listri Tenaga Geothermal(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES