Gaya Hidup

Tak Selalu Merugikan, Kulit Berminyak juga Ada Manfaatnya Lho

Sabtu, 31 Maret 2018 - 06:15 | 29.86k
Kulit berminyak. (FOTO: Istimewa)
Kulit berminyak. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKulit berminyak tidak selalu mendatangkan dampak buruk untuk wajah Anda. Beberapa ahli menyebutkan bahwa kondisi kulit tersebut juga dapat mendatangkan berbagai keuntungan. Dilansir dari Klik Dokter, berikut manfaat kulit berminyak.

1. Kulit lebih lembut
Meski sangat rentan menimbulkan banyak masalah di wajah, kulit berminyak ternyata lebih halus dan lembut jika dibandingkan dengan kulit kering. Ini karena kulit berminyak lebih terjaga hidrasi dan kelembapannya, sehingga proses regenerasi juga dapat berlangsung dengan lebih optimal.

2. Awet muda
Seseorang yang punya kulit berminyak cenderung lebih lama awet muda daripada mereka yang punya kulit kering. Hal ini karena kulit berminyak memproduksi lebih banyak sebum, sehingga kekuatan dan elastisitasnya juga lebih terjaga.

Meski demikian, Anda sebaiknya jangan terlalu terlena. Karena lama-kelamaan, kulit berminyak juga akan mengalami proses penuaan, terlebih jika Anda tidak menjaga kelembapannya.

3. Perisai alami
Kulit berminyak lebih terlindung dari pengaruh buruk lingkungan. Cuaca dan debu akan lebih sulit menempel di wajah Anda, dan sinar ultraviolet (UV) membutuhkan lebih banyak waktu untuk menembus lapisan kulit yang lebih dalam. Alhasil, kulit wajah Anda akan lebih terjaga kesehatannya.

4. Tidak mudah iritasi
Gaya hidup dan kondisi lingkungan turut memengaruhi kondisi kulit. Namun tidak demikian jika Anda adalah pemilik kulit berminyak. Faktanya, kondisi kulit berminyak memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami iritasi. Ini karena kondisi kulit yang demikian memiliki tingkat hidrasi yang tinggi, sehingga kelembapannya juga lebih terjaga.

Namun, meski lebih sulit terkena iritasi, bukan berarti Anda tidak melakukan tindakan pencegahan sama sekali. Tetap rawat kulit berminyak Anda sedemikian rupa, agar kondisinya tetap terjaga dengan baik.

5. Mudah dirawat
Merawat kulit berminyak lebih mudah daripada merawat kulit kering. Ini karena beberapa bahan alami yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit berminyak dapat ditemukan dengan lebih mudah. Madu, yoghurt, dan putih telur adalah beberapa contoh bahan alami, yang dapat membantu proses regenerasi kulit berminyak.

6. Keseimbangan pH yang lebih baik
Minyak yang dihasilkan memegang peranan penting dalam menentukan tingkat keasaman kulit (pH). Pada akhirnya, keadaan ini membuat kulit Anda memiliki lapisan asam oleat yang lebih tebal, sehingga perlindungan terhadap kuman atau bakteri menjadi lebih tinggi.

Itulah manfaat kulit berminyak yang bisa Anda dapatkan. Sayangi kulit berminyak yang Anda miliki. Jangan biarkan keuntungan yang dimilikinya hilang begitu saja. Lakukan juga perawatan secara berkala ke dokter spesialis kulit atau klinik kecantikan, agar kulit berminyak Anda terus terjaga kesehatannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES