Peristiwa

Ingin Program Berjalan Maksimal, DPPKB Bondowoso Advokasi OPD

Rabu, 28 Maret 2018 - 20:40 | 18.61k
Advokasi kepada semua OPD untuk menyukseskan program DPPKB Bondowoso. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
Advokasi kepada semua OPD untuk menyukseskan program DPPKB Bondowoso. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bondowoso melakukan advokasi dan edukasi program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintahan Bondowoso. 

"Dalam setiap program, kami tidak bisa berjalan sendiri. Kami butuh dukungan dan kerjasama ari semua OPD," tutur Kepala Dinas PPKB Kabupaten Bondowoso, Nunung Setianingsih, Rabu (28/3/2018).

Ia menjelaskan untuk tahun ini, DPPKB mempunyai dua program unggulan yang telah diekspose kesemua OPD. Program tersebut diantaranya Kampung KB dan program pencegahan dan pengendalian pernikahan anak usia dini. 

"Dari semua program itu, DPPKB tentu tidak bisa berjalan sendiri. Ada Dinas lain tentu yang akan terlibat, misal dalam urusan pengendalian pernikahan anak usia dini, kami butuh peran Bidan dan tenaga kesehatan lain. Itu ada di Dinas Kesehatan," katanya. 

Nunung menambahkan sinergitas antar OPD ini dibutuhkan agar program DPPKB berjalan maksimal. Ia mencontohkan untuk Kampung KB, keterlibatan Dinas lain sangat besar mengingat Kampung KB merupakan miniatur perwujudan semua program pemerintah. 

"Jadi bagaimana akses jalannya, mulus atau tidak, itu menjadi wilayah PUPR. Disana juga akan dilakukan pemberdayaan ekonomi kepada masyarakat baik itu sektor pertanian, perdagangan atau yang lain. Jadi lintas OPD," ucap Nunung. 

Tahun 2017 lalu, telah dicanangkan 24 Kampung KB diseluruh 23 Kecamatan di Bondowoso. Tahun ini, akan kembali dicanangkan 17 Kampung KB. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES