Peristiwa Daerah

Warga Kabupaten Malang Kenalkan Pulau Sempu ke Presiden Jokowi

Rabu, 28 Maret 2018 - 19:39 | 19.98k
Presiden Joko Widodo sabutan dalam kegiatan penyerahan surat sertifikat tanah, di Gor Ken Arok, Kota Malang, Rabu, (28/3/2018).  (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Presiden Joko Widodo sabutan dalam kegiatan penyerahan surat sertifikat tanah, di Gor Ken Arok, Kota Malang, Rabu, (28/3/2018). (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (28/3/2018). 

Dalam kunjungannya, Presiden yang akrab disapa Jokowi ini, menyerahkan 5153 sertifikat tanah ke pada masyarakat di GOR Ken Arok Kota Malang, Jawa Timur. 

Sama seperti kunjunganya di daerah lainnya, Jokowi juga mengadakan kuis berhadiah sepeda untuk masyarakat Malang Raya yang hadir. 

Salah satu pesertanya, Ranto, warga Wonosari, Kabupaten Malang mengenalkan salah satu Pulau yanga ada di Kabupaten Malang, yakni Pulau Sempu.

Awalnya, Jokowi mengadakan kuis untuk tiga orang. Ranto merupakan peserta kedua yang mendapat pertanyaan dari Presiden untuk menyebutkan 7 nama-nama pulau di Indonesia. 

Ranto dengan mudah menyebutkan 5 pulau dengan baik, yakni pulau Jawa, Sumatra, Bali, Sulawesi, dan Kalimantan. Namun, saat memasuki jawaban keenam, Ranto salah menyebutkan nama pulau Papua.

"Papua Nuigini, eh salah Pulau Irian Jaya," kata Ranto, yang langsung membuat para masyarakat lain tertawa.

"Sudah ga ada nama Irian, udah diganti. Ayo apa pak nama pulaunya?," sambung Presiden sembari tersenyum.

Disaat itu,  Ranto sempat menyebutkan nama-nama provinsi di Indonesia, yaitu Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Namun, pada akhirnya Ranto menjawab pulau Sempu, setelah sempat berpikir sejenak.

"Pulau Sempu, pak," kata Ranto. 

"Benar ada pulau itu di sini? Saya kan tidak hafal semua nama 17 ribu pulau," kata Presiden sembari tersenyum.

"Benar pak," sahut masyarakat lainnya.

Setelah itu, Ranto menyebutkan pulau Madura sebagai jawaban terakhir, menjawab pertanyaan presiden nama pulau di utara Kota Surabaya. Ranto pun akhirnya mendapatkan sepeda dari Presiden setelah selesai menjawab.

Sebagai informasi, Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa secara administratif berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis seluas 877 hektar ini merupakan cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia.

Sebelumnya, pulau ini menjadi destinasi wisata masyarakat. Namun, pada tahun 2017 ditutup dan masuk kedalam kawasan cagar budaya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES